Karolog Polda NTT Buka Kegiatan Rekonsiliasi dan Pemuthakiran Data Simak BMN Polda NTT

Karolog Polda NTT Buka Kegiatan Rekonsiliasi dan Pemuthakiran Data Simak BMN Polda NTT

Tribratanewsntt.com- Kepala Biro Logistik (Karolog) Polda NTT Kombes Pol. Yayat Djatmika membuka kegiatan Rekonsiliasi dan Pemuthakiran Data Simak BMN Polda NTT periode Semester II dan Tahunan T.A. 2021, Selasa (18/1/22).

Kegiatan ini diikuti oleh para operator Simak dari Satker Mapolda NTT dan Polres Jajaran Polda NTT yang berjumlah 46 orang.

Kegiatan yang mengangkat tema "Dengan semangat Presisi, kita tingkatkan kualitas pengelolaan BMN dan akuntabilitas pelaporan keuangan Polri guna mempertahankan opini WTP dari BPK RI ini juga diikuti oleh para Perwira Satker dan jajaran.

Dikesempatan tersebut Karologistik Polda NTT mengingatkan dan menekankan kembali hal-hal yang dianggap penting dan relavan terkait dengan penatausahaan BMN di lingkungan Polda NTT.

"Mulai dari tahun 2020 dan 2021 pemerintah telah mencanangkan program strategi program-program penanganan covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dengan alokasi anggaran yang sangat besar di selutuh kementerian/lembaga dalam mengatasi pandemi covid 19, dan hal ini juga terjadi di jajaran Polri. Perlu diwaspadai dan dan dipahami betul perlakuan pencatatan transaksinya, khususnya terhadap barang yang diperoleh tahun 2021 baik dari hasil pengadaan maupun hibah dari beberapa sumber sehingga pelaporannya dapat disajikan secara valid dan akurat"ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa saat ini masih dihadapkan pada beberapa temuan BPK RI pada laporan keuangan Polri TA. 2020 yang masih menjadi pembahasan pada zoom meet dengan Slog Polri dan harus diselesaikan TA 2021, baik temuan tentang aplikasi maupun kewajiban melengkapi dokumen pendukung yang dipersyaratkan.

Untuk itu saya minta dicek kembali temuan BPK RI tersebut, sehingga apabila dikemudian hari diadakan pembahasan lagi via zoommeet oleh Slog Polri kita sudah siap dengan dokumen-dokumen pendukungnya.

Terkait penggunaan apkikasi SAKTI (Sistim Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) Karolog mengingatkan kepada para peserta untuk selalu mempedomani peraturan-peraturan dari kementerian keuangan dan Mabes Polri.

"Kegiatan yang dijadwalkan selama tiga hari ini, saya harapkan terus ditingkatkan soliditas dan kerjasama untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada Polri dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara"pungkasnya.