KASAT NARKOBA POLRES MANGGARAI BARAT SOSIALISASI NARKOBA

KASAT NARKOBA POLRES MANGGARAI BARAT SOSIALISASI NARKOBA

Tribratanewsntt.com ,- Kasat Narkoba Polres Manggarai  Barat Polda NTT, Inspektur Polisi Satu Gama Anindyaguna, S.Ik, membawakan materi tentang Narkoba pada kegiatan Sosialisasi Home Stay dan Sadar Wisata yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut bertempat di aula Jayakarta Hotel, Labuan Bajo, Pada hari Rabu (8/2/2017) pukul 09.00 Wita.

Dalam Materi tentang Narkoba yang dibawakan oleh IPTU Gama Anindyaguna, SIK ada lima poin yang disampaikam antara lain :

1. Indonesia saat ini sedang dalam status darurat Narkoba. Pemberdayaan lingkungan pariwisata untuk mencegah masuknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba perlu dimaksimalkan. Sedangkan dampak dari penyalahgunaan narkoba sangat luas, salah satunya daya rusak yang diakibatkan oleh penyalahgunaan Narkoba yaitu dapat merusak sistim saraf dan otak. Hampir seluruh elemen masyarakat pernah terlibat penyalahgunaan Narkoba seperti orang dewasa, anak-anak, wanita ,pria, anggota pemerintahan bahkan ada juga oknum petugas yang terlibat didalamnya.

2. Lokasi Penyebaran Narkoba sampai saat ini juga sudah menyebar sampai ke pelosok Indonesia. Kerugian yang dialami akibat penyalahgunaan narkoba dapat berupa rugi jiwa (meninggal) dan rugi materil (rela mengeluarkan uang demi Narkoba dengan cara apapun).

3. Dengan kemajuan teknologi menjadikan munculnya narkoba jenis baru dan modus operandi baru yang perlu diwaspadai bersama.

4. Manggarai barat merupakan pintu masuk bagian barat provinsi NTT sehingga memiliki kerawanan sebagai pintu masuk peredaran gelap narkoba di provinsi NTT disatu sisi Kab. Manggarai Barat merupakan salah satu kabupaten yang menjadi destinasi wisata di NTT.

5. Kepolisian Manggarai Barat mengajak masyarakat untuk melaporkan apabila menemukan warga yang melakukan tindak pidana narkoba.

Kasat Narkoba Polres Mabar juga menyampaikan terkait upaya Kepolisian khususnya Polres Mabar untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Manggarai Barat yakni dengan digelarnya operasi dan razia di pelabuhan, kafe, dan tempat hiburan, berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam upaya pencegahan, pengecekan penggunaan obat yang sudah dicabut ijin edarnya secara berkala dan memberdayakan lingkungan pariwisata sebagai salah satu sektor untuk meminimalisir penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Dalam kegiatan tersebut, Kementrian Pariwisata RI yang diwakili oleh Ibu Arum menyerahkan plakat dari kementrian pariwisata untuk Kepolisian Resor Manggarai Barat yang diterima Kasat Narkoba.