Kawal Debat Kandidat Calon Bupati, Polres Sumba Timur Terjunkan Ratusan Personel

Kawal Debat Kandidat Calon Bupati, Polres Sumba Timur Terjunkan Ratusan Personel

Ratusan personel Polres Sumba Timur diturunkan untuk mengamankan acara debat Calon Bupati dan Wakil Bupati, di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kota Waingapu, Kamis (12/11/2020) siang.

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K memimpin langsung Apel Persiapan Pengamanan. Kapolres menjelaskan ada 130 personel gabungan Polres Sumba Timur, Polsek Waingapu Kota dan Brimob Subden 3 Den A Pelopor Sumba mengamankan acara debat tersebut.

"Dalam pengamanan kali ini kami fokuskan pada lokasi debat guna memastikan acara Debat berjalan aman dan lancar yang berpatokan pada protokol kesehatan penanganan Covid-19, kata Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K.

Kapolres juga menjelaskan kepolisian dalam hal ini Brimob dibantu anggota Sabhara telah melakukan sterilisasi ruangan acara debat sebelum acara dimulai, untuk memastikan lokasi benar-benar aman. 

"Sterilisasi ruangan debat, tidak hanya soal gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), tetapi juga terkait dengan antisipasi penularan Covid-19" kata Kapolres.

"Dalam lokasi acara debat tersebut benar-benar menerapkan protokol kesehatan, antara lain mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," ucap Kapolres

Terkait dengan pengamanan ini sendiri Kabag Ops AKP Leonardus Leo mengatakan dalam pengamanan ini, diterapkan tiga ring pengamanan. 

"Ring satu di dalam gedung atau ruang debat, ring kedua akses pintu masuk menuju ruang debat dan ring tiga di halaman dan jalan masuk ke hotel,” jelas Kabag Ops AKP Leonardus Leu.