Kegiatan Rutin Binkorpolsus Sat Binmas Polres Ngada

Kegiatan Rutin Binkorpolsus Sat Binmas Polres Ngada

Tribratanewsntt.com - Satuan Binmas Polres Ngada melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polsuspas Bajawa Kabupaten Ngada, jumat (12/10/18) di lapangan Kartini Bajawa.

Kegiatan yang dikemas dalam Pembinaan dan Koordinasi Polisi Khusus (Binkorpolsus) itu dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Ngada IPTU oktavianus P. Abor.

Kasat Binmas IPTU Oktavianus mengatakan bahwa, tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki peranan penting dalam menegakan peraturan daerah (Perda) yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.

Begitu juga Polsuspas yang senantiasa waspada terhadap tahanan yang sering mencari peluang untuk kabur.

Oktavianus berharap, Satpol PP dalam bertugas di lapangan hendaknya dapat menghindari benturan dengan masyarakat.

“Peran Satpol PP cukup penting membantu tugas Polri  serta menguasai aturan / Perda yang berlaku,” pesannya.

Begitupun Polsuspas mempunyai tugas pokok untuk mengemban sebagian fungsi kepolisian baik secara preemtif, preventif dan represif dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan.

Seperti halnya, salah satu tugas preemtif yang dapat dilakukan Polsuspas seperti membuat regulasi tentang tata tertib di lingkungan Lapas dan memasang sosialisasi disertai ancaman pidananya.

Pelatihan yang diberikan diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan Satpol PP dan Polsuspas.

"Pembinaandan dan pelatihan ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Kasat Binmas.

Dalam kegiatan pelatihan itu, sejumlah materi diberikan kepada anggota Satpol PP dan Polsuspas diantaranya, sikap dasar dari PBB termasuk gerakan ditempat, gerakan meninggalkan tempat, serta cara penghormatan yang benar. Selain itu, juga diberikan latihan dasar beladiri Polri diantaranya cara memukul, menangkis dan melumpuhkan lawan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan kekompakan yang dikemas dalam kegiatan Binkorpolsus. (Rf)