Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, Polda NTT Gelar Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional

Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, Polda NTT Gelar Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional
Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto didampingi Wakapolda, Danlanud El Tari dan Asisten I Provinsi NTT dan pejabat terkait lainnya mengikuti Rakor Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H di Mapolda NTT, Kamis (14/4)

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, Keplisian RI menggelar Rapat Koodinasi (Rakor) lintas sektoral melalui sarana video conference (Vicon) yang dipimin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan dihadiri oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mendagri, Menteri perhubungan,  Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Menteri PUPR dan Perwakilan TNI.

Untuk wilayah NTT, Rakor lintas sektoral berpusat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT yang dipimpin  oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. Kamis (14/4/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda NTT, Danlanud El Tari Kupang, Asisten I Provinsi NTT, Asops Lantamal VII Kupang, Kasiops Korem 161/WS Kupang, Wakabinda NTT, Kepala BNPB NTT, Kadis Perhubungan, Sekdis Kesehatan NTT, Kepala BMKG, GM. PT. Pertamina, Kepala Basarnas dan Kakanwil Kemenag NTT serta para Pejabat Utama polda NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H melalui Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H menerangkan bahwa, kegiatan Rakor lintas sektoral dibidang operasional ini digelar sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

“ Terutama pada kesiapan aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur-unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya”, jelas es Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

Terakait hal ini, beberapa persiapan pun dilakukan baik dari perkiraan ancaman, cara bertindak dan pegelaran personel, sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanannya yang mana untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Selain itu, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama menjelang Idul Fitri 1443 H, yaitu terkait kelangkaan Bahan Pokok, BBM dan pelaksanaan vaksinasi yang harus terus berjalan.

Di sisi lain, lanjutntnya, peningkatan aktivitas masyarakat pada bulan ramadhan dan menjelang Idul Fitri tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan di bidang lalu lintas dan pelanggaran protokol kesehatan serta penimbunan bahan pangan.

“Guna mengantisipasi hal tersebut, Polri akan menggelar Operasi Terpusat ketupat 2022 dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 di masa pandemic covid-19”, tandas Kabidhumas Polda NTT.

Selama kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral ini berlangsung situasi terpantau aman dan kondusif, walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual seluruh peserta yang hadir tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.