Kunjungi PLBN Motamasin, Kapolda NTT Tatap Muka Bersama CIQ dan Satgas Pamtas RI-RDTL serta Bagikan Bansos kepada Masyarakat

Kunjungi PLBN Motamasin, Kapolda NTT Tatap Muka Bersama CIQ dan Satgas Pamtas RI-RDTL serta  Bagikan Bansos kepada Masyarakat

Tribratanewsntt.com, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Vera Johni Asadoma, melakukan kunjungan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin di Dusun Motamasin, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka pada Kamis (3/8/23).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Kapolda NTT di wilayah hukum Polres Malaka.

Kedatangan Kapolda NTT dan rombongan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin disambut secara adat oleh tokoh adat setempat, yang melibatkan upacara Hase Hawaka dengan pengalungan dan tarian adat Likurai oleh masyarakat Desa Alas Selatan. Ini menunjukkan penghargaan terhadap keberadaan dan tradisi lokal di daerah tersebut.

Dalam kunjungannya, Kapolda NTT bersama rombongan juga meninjau pintu masuk perbatasan Indonesia-Timor Leste di PLBN Motamasin, menunjukkan perhatian terhadap aspek keamanan dan pengawasan perbatasan yang sangat penting bagi wilayah NTT.

Selanjutnya, di Aula Pasar Motamasin, Kapolda NTT dan rombongan melakukan tatap muka langsung bersama CIQ (Customs, Immigration, Quarantine), Satgas Pamtas, dan masyarakat sekitar PLBN Motamasin. Kabid PLBN Motamasin memberikan ucapan selamat datang kepada Kapolda NTT dan rombongan sebagai bentuk sambutan hangat atas kunjungan mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTT menyampaikan pesan tentang pentingnya sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat untuk memperkuat keamanan dan stabilitas di wilayah perbatasan NTT. Hal ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Kapolda NTT dalam membangun hubungan yang baik dengan masyarakat di wilayah perbatasan.

Tak hanya memberikan dukungan dan pesan penting, Kapolda NTT juga memberikan penghargaan berupa plakat kepada Kabid PLBN Motamasin sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang baik dalam menjaga keamanan di wilayah tersebut.

Tidak lupa, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Darerah NTT juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar PLBN Motamasin dengan memberikan bantuan sosial (bansos) secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. Tindakan ini menegaskan perhatian dan kepedulian Kapolda NTT terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang membutuhkan.

Kunjungan kerja dan kegiatan di PLBN Motamasin ini menegaskan komitmen Kapolda NTT untuk mempererat hubungan dengan masyarakat di wilayah perbatasan serta memberikan perhatian kepada mereka yang membutuhkan bantuan. Semoga kunjungan ini akan memberikan dampak positif bagi keamanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah NTT.

Setelah rangkaian kegiatan tersebut selesai, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT beserta rombongan meninggalkan PLBN Motamasin menuju Betun, mengakhiri kunjungan mereka dengan kesan yang positif dan berkesan bagi masyarakat setempat.