Laksanakan Ops Zebra Turangga Selama 14 Hari, Karoops Polda NTT: Kegiatan Ini Untuk Mengurangi Angka Kecelakaan

Laksanakan Ops Zebra Turangga Selama 14 Hari, Karoops Polda NTT: Kegiatan Ini Untuk Mengurangi Angka Kecelakaan

Tribratanewsntt.com - Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menjalankan Operasi Kepolisian Zebra Turangga 2023 selama empat belas hari terhitung terhitung dari tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023 mendatang dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Saat di wawancara, Senin (4/9) Karo Ops Polda NTT, Kombes Pol. Deonijiu De Fatima, S.I.K., S.H., menyampaikan bahwa operasi ini bertujuan memberikan pelayanan prima di bidang lalu lintas kepada seluruh masyarakat.

Menurut Kombes Pol. Deonijiu De Fatima, S.I.K., S.H., peningkatan kecelakaan lalu lintas dari tahun 2021 ke 2022 sebesar 11 persen menunjukkan kurangnya disiplin dalam berlalu lintas.

"Oleh karena itu, operasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas seperti tidak mengemudi dalam keadaan mabuk, menggunakan helm, tidak melawan arus, mematuhi kapasitas maksimum kendaraan, dan menggunakan safety belt untuk kendaraan roda empat", ucap Karoops Polda NTT.

Operasi ini juga berfokus pada penegakan hukum terhadap penggunaan handphone saat berkendara.

Penindakan dalam operasi ini masih bersifat persuasif, dengan memberikan imbauan dan pemahaman terlebih dahulu kepada pelanggar. Namun, pelanggaran berat akan ditindaklanjuti dengan tindakan tilang, yang sekarang dapat dilakukan secara online.

"Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk meningkatkan keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan", tandasnya.