"Langkah Menuju Tata Kelola Modern" - Wakapolda NTT Pimpin Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda Tahap II T.A 2023

Tribratanewsntt.com, Kota Kupang - Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum, memimpin taklimat akhir audit kinerja Itwasda Polda NTT tahap II Tahun Anggaran 2023. Acara yang digelar di Rupatama Mapolda NTT, Rabu (22/11/2023) ini menjadi landasan strategis dalam menjalankan tata kelola institusi Polri yang lebih modern dan efisien.

Irwasda, Kombes Pol I Made Sunarta, dan sejumlah pejabat utama Mapolda NTT turut hadir secara langsung, sementara Kapolres jajaran mengikuti kegiatan ini melalui platform Zoom.

Dalam sambutannya, Wakapolda NTT mengungkapkan apresiasi kepada seluruh tim Itwasda yang telah bekerja dengan dedikasi selama 29 hari. "Dari laporan tersebut terdapat beberapa temuan dari berbagai bidang yang menjadi perhatian kita dan perlu penanganan bersama agar tidak menjadi temuan berulang," ujar Brigjen Pol. Awi Setiyono.

Temuan tersebut mencakup aspek kesalahan administratif, seperti perbedaan antar satker/subsatker, kurangnya kelengkapan data pendukung, serta kurang cermatnya dalam pembuatan laporan hasil kegiatan. Wakapolda menekankan bahwa dengan adanya sarana teknologi, pelaporan dapat dilakukan lebih cepat, dan crosscheck data menjadi lebih mudah.

"Hal tersebut hendaknya menjadi pelajaran bagi kita dan sebagai koreksi agar seluruh personel yang diberikan tanggung jawab data penggunaan untuk mengawaki harus selalu meningkatkan kualitas dan pengetahuan sesuai perkembangan jaman, sehingga harapan pimpinan untuk menuju tata kelola institusi Polri yang modern dan lebih baik dapat terwujud," tegasnya.

Wakapolda NTT juga menyoroti pentingnya pengelolaan logistik dan keuangan negara yang baik. Ia mendorong agar hal ini dijadikan perhatian serius oleh para kasatker, dengan mengingatkan agar tidak ada lagi penyimpangan, baik yang disengaja maupun akibat kurang pemahaman terhadap ketentuan yang berlaku.

"Kegiatan audit kinerja tahap II T.A. 2023 yang dilaksanakan oleh Itwasda Polda NTT adalah salah satu bentuk pengawasan pimpinan terhadap pelaksanaan program, tupoksi, dan pengelolaan anggaran di satker Mapolda dan Polres jajaran Polda NTT agar seluruh sumber daya organisasi digunakan dengan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi, serta proses dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel," paparnya.

Dalam penutupnya, Wakapolda NTT memberikan perintah kepada seluruh kasatker Polda NTT dan Kapolres jajaran untuk segera menindaklanjuti hasil audit dengan memberikan jawaban dan penjelasan disertai data dukung dalam waktu 30 hari setelah taklimat akhir ini.

"Manfaatkan waktu dengan baik untuk melakukan konsolidasi internal dan komunikasikan dengan Irwasda atau tim audit apabila menemui kendala dalam pemenuhan tindak lanjut hasil temuan audit kinerja," pungkasnya. Semangat untuk terus meningkatkan tata kelola institusi Polri menjadi landasan utama dalam mewujudkan Polri yang modern dan efisien di masa depan.