Lantas Polres Kupang Kota Police Goes to School Sambangi SMAN 11 Kupang

Lantas Polres Kupang Kota Police Goes to School Sambangi SMAN 11 Kupang

Tribratanewsntt.com - Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas dan jadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Demikian dikatakan Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Kupang Kota, Ipda Valentinus M.Beribe dalam sosialisasi tertib berlalu lintas di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Kota Kupang, Rabu (6/11/2019).

Pada kesempatan apel pagi tersebut Kanit Dikyasa menjelaskan tentang Tertib Berlalulintas sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang No 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,  yaitu Tata Cara Berlalu Lintas yang di mulai dari Ketertiban dan Keselamatan,Penggunaan Lampu Jalur/Lajur Lalulintas,Tata Cara melewati Kendaraan serta Berhenti maupun Parkir kendaraan.

Selain itu Kanit Dikyasa menghimbau  kepada para pelajar untuk Pengendara wajib memiliki SIM, Tidak boleh menaikkan Sepeda Motor di Trotoar(trotoar : fasilitas dikhususkan kepada pejalan kaki), tidak menggunakan HP saat berkendara, Wajib menggunakan Helm SNI saat berkendara baik itu untuk pengemudi maupun  penumpang, Plat Nomor (Nomor Polisi) Kendaraan harus di pasang sesuai ketentuan serta menggunakan sabuk pengaman apabila mengendarai mobil.

Kasat Lantas Iptu Rocky Junasmi, SIK saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa Melalui program Police Goes to School yang merupakan salah satu program kegiatan unit Dikyasa Lalu lintas bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Salah satu upayanya adalah dengan menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini.”ungkap Kasat.

Dengan menanamkan tertib berlalu lintas sejak dini, maka disiplin berlalu lintas akan tercipta dengan sendirinya. Untuk itu, mereka terus bekerja secara maraton dalam menanamkan tertib berlalu lintas kepada para pelajar dari satu sekolah ke sekolah yang lain”tambah kasat.

Para Guru dan seluruh siswa sangat antusias mendengarkan materi serta berterimakasih kepada  petugas Satlantas yang meluangkan waktunya bisa berkunjung ke SMAN 11 Kota Kupang dan berharap untuk  mensosialisasikannya setiap tahun pada  ajaran baru.