Layani Masyarakat Kepulauan di Hari Peringatan HUT ke-76 RI, Polda NTT Gelar Vaksinasi Terapung

Layani Masyarakat Kepulauan di Hari Peringatan HUT ke-76 RI, Polda NTT Gelar Vaksinasi Terapung

Tribratanewsntt.com - Ditpolairud dan Biddokkes Polda NTT kembali menggelar kegiatan pelayanan kesehatan Vaksinasi Terapung di Pesisir Batuhopong, Desa Huilelot, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Senin (16/8/2021) pagi.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Terapung ini dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus upaya proaktif Polda NTT dalam meningkatkan pelaksanaan vaksinasi di daerah-daerah pesisir dan pulau-pulau yang sulit dijangkau dengan jalur darat.

Penyuntikan vaksin Aztrazeneka tahap II lanjutan ini dipimpin langsung Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. sudaryono dan Ketua tim Rev@co AKP Aris Saputro berserta tim Vaksinator Polda NTT berjumlah 20 orang personil.

Dalam kegiatan vaksinasi terapung ini dihadiri oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi sejumlah pejabat utama Polda NTT Terdiri dari Dirsamapta Polda NTT, Dirpolairud Polda NTT, Kabidhumas Polda NTT dan Kabid TIK Polda NTT.

Selain menggelar kegiatan vaksinasi Terapung, Polda NTT juga menyalurkan bantuan sosial Polri Peduli berupa paket sembako, bendera merah putih dan poster Garuda Pancasila kepada masyarakat Desa Huilelot.

Bantuan sosial ini diserahkan langsung oleh Kapolda NTT secara simbolis kepada tiga perwakilan masyarakat Desa Huilelot. Adapun paket sembako yang dibagikan sebanyak 350 paket yang nantinya akan dibagi kepada masyarakat sekitarnya.

Kapolda NTT menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan dari Polda NTT dalam meningkatkan pelaksanaan vaksinasi sekaligus menyambut HUT ke-76 kemerdekaan RI.

"Pagi ini kita melaksanakan selain menyambut 17 Agustus dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke-76 ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Polda NTT. Kita melaksanakan vaksinasi terapung menggunakan fasilitas kapal Polair yang ada untuk melayani masyarakat di daerah kepulauan yang terpencil. Kita proaktif jemput bola dan kita harapkan mereka juga mendapatkan pelayanan secara maksimal dengan kegiatan vaksinasi oleh pemerintah",ungkap Kapolda NTT.

Dikatakannya bahwa pelaksanaan vaksinasi Terapung ini sudah dilaksanakan di beberapa pulau dan sejauh ini Polda NTT secara keseluruhan sudah melakukan vaksinasi sekitar seratus tujuh puluh ribu dosis vaksin.

"Hari ini kita melaksanakan vaksin tahap dua di tempat yang sama di pulau Semau untuk 40 orang. Dan nanti kita akan bergeser di tempat lain, waktu itu kita melayani vaksin terapung di daerah Kabupaten Kupang di Sulamu dengan perserta sebanyak 300 orang", terangnya.

"Sampai sejauh ini Polda NTT sudah bisa memvaksin sebanyak seratus tujuh puluh ribu Dosis dan kalau nanti datang lagi kita terus akan lakukan vaksinasi terhadap masyarakat. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan aman dan lancar", harapnya.

"Saya kira antusias masyarakat cukup tinggi dan mereka sangat berharap pemerintah juga menyentuh ke masyarakat-masyarakat pesisir karena disini transportasi sulit terjangkau dan kalau mereka harus ke Kupang juga perlu biaya yang cukup tinggi sehingga kita jemput bola, kita proaktif mendatangi tempat-tempat seperti ini", tandasnya.