Mantapkan Pengamanan Pilkada Serentak 2020, Polres Mabar Gelar TFG

Mantapkan Pengamanan Pilkada Serentak 2020, Polres Mabar Gelar TFG

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Resor Manggarai Barat menggelar Latihan Tactikal Floor Game (TFG) dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat 2020, di Aula Kemala Bhayangkari Mapolres Mabar, Senin (03/08/2020) siang.

Kegiatan pelatihan dipimpin langsung Wakapolres Mabar Kompol Sukanda dan dihadiri oleh  Pejabat Utama Polres Mabar, Kapolsek Sano Nggoang Iptu I Wayan Merta, Kapolsek Macang Pacar Ipda Eka Darma Yudha, Kapolsek Kuwus Ipda Matheos A.D. Siok, Ps. Danton II Brimob Kompi IV Labuan Bajo Aipda Gorgias Muskitta, Perwira Staf dan Personel Polres Mabar.

Kegiatan diawali dengan laporan Perwira yang ditunjuk kepada Kapolres Mabar bahwa kegiatan segera dimulai, dan dalam Sambutannya Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., melalui Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M. Bolle, S.Psi. mengatakan, TFG (Tactical Floor Game) dilaksanakan sebagai gambaran awal terhadap situasi di Kabupaten Manggarai Barat yang harus membutuhkan penanganan khusus dan Pelatihan TFG dilakukan untuk memberikan gambaran langkah–langkah yang harus dilakukan personil dalam pengamanan Pilkada di lapangan nantinya.

Dalam pelaksanaan TFG (Tactical Floor Game) merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan. Dalam latihan ini personel diberikan pengarahan mengenai tahapan–tahapan untuk cara bertindak dalam menghadapi massa. Latihan ini untuk mengantisipasi hal–hal yang tidak diinginkan terjadi saat aksi unjuk rasa saat Pilkada, dan terkait dengan rencana pelaksanaan pengamanan yang akan dilakukan Polres Mabar dalam waktu dekat ini.

Tactical Floor Game juga dilakukan agar Personel yang melaksanakan tugas pengamanan apapun bentuknya tidak salah dalam menempatkan diri, baik itu yang melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup semuanya harus sesuai dengan prosedur tetap.

“Tactical Floor Game bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait dislokasi Personel, kekuatan Personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan,” Ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya Tactical Floor Games ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Personel dalam mengamankan sesuatu kegiatan yang disesuaikan dengan situasi yang akan dihadapi dalam Pilkada serentak 2020.