Meriahkan Acara IAWP ke-58 Tahun, Kadivhubinter Polri Buka Parade Of Nations di Labuan Bajo

Meriahkan Acara IAWP ke-58 Tahun, Kadivhubinter Polri Buka Parade Of Nations di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Sebagai salah satu tradisi dalam konferensi International Assosiation of Women Police/IAWP, hari ini Sabtu (6/11/2021) Peserta Konferensi gelar parade of nations yang dibuka oleh Kadivhubinter Polri Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Parade yang dilakukan di Jalan Utama Kota Labuan Bajo depan Hotel Merorah Komodo ini diikuti oleh 400 terdiri dari 200 peserta dari 37 negara, termasuk Indonesia. Kemudian 200 orang lainnya terdiri dari Tim Marching Band dari SMAK Ignatius Loyola, SMP Arnoldus, dan Pengibar Bendera yaitu Gabungan Pemuda dan Pemuda Manggarai Barat.

Parade ini dilakukan untuk memeriahkan International Association of Women Police (IAWP) Ke-58 Tahun yang akan dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si pada Minggu (7/11) besok.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari, Karojianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Juansih, Kapusjarah Polri Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri. Selain itu, tamu undangan yang turut menyaksikan Parade ini yaitu Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi peserta dari negara lain. Dan disambut hangat oleh seluruh masyarakat Labuan Bajo.

Kadivhubinter Polri Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum menyatakan bahwa, Konferensi Polwan Internasional ini merupakan acara Polwan Internasional yang diadakan setiap tahun. Dan ini adalah konferensi ke-58.

"Kita bisa berbangga karena kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia, khususnya Labuan Bajo, NTT. Ini merupakan berkah yang luar biasa,” kata Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Sesuai data terakhir yang akan hadir adalah sebanyak 39 orang dari 13 negara yang hadir langsung. Sedangkan yang mengikuti secara online ini dari 29 negara ada 133 peserta. Sedangkan dari dalam negeri itu ada 408 orang yang hadir dari seluruh Polda seluruh Indonesia ditambah dengan perwakilan-perwakilan Mabes Polri.

Kemudian juga panitia sendiri itu lebih kurang ada 150 orang. Kemudian ada rombongan-rombongan seperti rombongan bapak Kapolri, rombongan Panglima TNI, rombongan Bupati, rombongan dari Pusdokes Mabes Polri, jadi total keseluruhan yang hadir di sini, itu lebih dari pada 1000 orang untuk event ini.

Di tanya apa nilai edukasi yang bisa diambil dari IAWP bagi Kepolisian Republik Indonesia khususnya polisi wanita, Kadivhuninter Polri menyampaikan bahwa, konferenci ini sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi Polwan kita.

"Pertama, jelas kita belajar bagaimana meng-organize suatu event internasional. Karena itu pengurus-pengurus atau panitia ini kita kedepankan polwan termasuk ketua panitianya nanti ibu Brigjen Pol. Juansi dan juga anggota panitia yang lain. Jadi kita belajar bagaimana meng-organize satu event internasional, terutama di tengah situasi Pandemi covid yang cukup banyak hambatan-hambatan", jelasnya.

"Yang kedua, kita bisa membangun jaringan dengan peserta-peserta dari luar negeri. Karena membangun jaringan itu sangat penting didalam melaksanakan tugas kita dalam menanggulangi kejahatan transnasional atau transnasional crime. Yang ketiga ini kita akan mendapatkan pelajaran-pelajaran, ilmu-ilmu yang sangat berharga dari pembicara-pembicara kelas dunia. Dan juga dari beberapa Menteri di Indonesia", lanjutnya.

Dikatakannya, Ini yang sangat penting bahwa Polwan RI akan mendapatkan sharing best practice, Sharing experience, sering knowledge dari para pembicara-pembicara kelas dunia. Ini hal-hal yang menjadi manfaat bagi Polwan di Indonesia.

"Tema yang diangkat dalam konferensi IAWP ini adalah Women at The Center Stage of Policing. artinya bagaimana kita memberdayakan polwan pada panggung Kepolisian. Isu-isu yang menonjol adalah isu-isu masalah bagaimana kepemimpinan seorang polisi wanita dalam kepolisian, kemudian isu-isu mengenai kejahatan-kejahatan transnasional, juga isu-isu masalah gender dan banyak lagi ada. Ada enam sub tema yang diusung dalam konferensi ini", pungkasnya.