Panglima TNI-Kapolri Dampingi Presiden Jokowi di Perayaan Natal Nasional 2023

Panglima TNI-Kapolri Dampingi Presiden Jokowi di Perayaan Natal Nasional 2023

Puncak Perayaan Natal Nasional 2023 digelar di Gereja Bethany Nginden, Surabaya, Jawa Timur. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri agenda ini.

Puncak Perayaan Natal Nasional digelar di Graha Bethany Ngiden, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). Jokowi hadir didampingi sejumlah menteri, di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Hadir pula Menkominfo Budi Arie Setiadi, MenPANRB Abdullah Azwar Anas, Mendag Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga turut mendampingi Presiden Jokowi menghadiri Puncak Perayaan Natal Nasional 2023. Keduanya terlihat kompak mengenakan batik berwarna senada dengan para menteri.

PPanglima TNI dan Kapolri hadiri Puncak Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya Foto: dok ist
Perayaan Natal Nasional tahun 2023 mengusung tema 'Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi'. Agenda ini digelar di Gereja Bethany Nginden yang merupakan gereja terbesar di Surabaya, bahkan menjadi salah satu gereja terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas kurang lebih 30.000 jemaat.

Panglima TNI dan Kapolri sendiri memastikan Puncak Perayaan Natal Nasional berlangsung aman dan khidmat. Pengamanan yang disiapkan melibatkan sebanyak 1.152 personel gabungan TNI-Polri dan Pemkot Surabaya.

Presiden Jokowi sendiri dalam sambutannya di Puncak Perayaan Natal Nasional 2023 bicara soal pemilu 2024. Dia mengajak umat Kristiani tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tahun politik.

"Bapak Ibu sekalian, walaupun kita sedang memasuki tahun politik, walaupun sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pemilu, memilih anggota legislatif, memilih presiden dan wapres tetapi kita harus terus menjaga toleransi menjaga persatuan perdamaian. Perbedaan pilihan politik itu wajar dalam demokrasi, setuju?" ujarnya.

"Tetapi kita dipersatukan oleh kepentingan yang lebih mulia, yaitu menjaga persatuan kesatuan, perdamaian, kegotong-royongan, kepentingan kemanusiaan, serta memajukan negara yang kita cintai ini negara Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi berpesan pembangunan yang telah dicapai untuk terus dirawat. Demi cita-cita Indonesia maju semakin tercapai.

Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya Foto: dok ist
"Bapak ibu sekalian, capaian pembangunan yang telah kita raih ini harus terus kita rawat dan kita jaga, harus terus kita lanjutkan agar cita-cita Indonesia Maju semakin nyata. Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Natal 2023 dan selamat Tahun Baru 2024 semoga terang cahaya Natal, damai dan kasih Natal menuntun bapak ibu kepada kemuliaan dan mengantarkan bapak ibu ke masa gemilang," ujarnya.

"Semoga momentum untuk meraih Indonesia menjadi negara maju yang adil makmur sejahtera bisa konsisten kita perjuangkan dan memperolah bimbingan dan kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa, semoga Tuhan memberkati kita semua," lanjut Jokowi.