Persis Apresiasi Kepuasan Publik ke Polri 87,8%: Ini Suatu Prestasi

Persis Apresiasi Kepuasan Publik ke Polri 87,8%: Ini Suatu Prestasi

PP Persatuan Islam (Persis) mengapresiasi tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Polri yang mencapai angka 87,8 persen versi survei Litbang Kompas. Persis mengatakan angka itu merupakan sebuah prestasi.

"Hemat kami tentu ini suatu prestasi yang patut diapresiasi dan dibanggakan. Karena di tengah sorotan banyak pihak yang meragukan profesionalitas dan netralitas Polri menjelang Pemilu 2024, terbukti kepuasan publik malah semakin tinggi atas kinerja Polri," kata Ketua Umum PP Persis, Jeje Zaenudin, kepada wartawan, Rabu (27/12/2023).

Jeje mengatakan survei itu menunjukkan Polri tetap dipercaya masyarakat. Selain itu, Polri dinilai bekerja secara profesional.

"Ini maknanya bahwa Polri tetap dipercaya masyarakat dalam menjalankan tugasnya melaksanakan profesionalitas dan netralitas," ujar Jeje.

Sebelumnya, Litbang Kompas bekerja sama dengan Polri melakukan survei terhadap kualitas implementasi pengawasan melekat (waskat) yang sudah dilakukan Polri di tingkat seluruh satuan wilayah (satwil). Hasilnya, mayoritas publik puas terhadap kinerja Polri.

Litbang Kompas mengatakan cakupan penelitian berfokus pada lima aspek waskat, baik dalam upaya pencegahan, pembinaan, maupun penindaklanjutan ketika terjadi pelanggaran oleh anggota Polri. Bagaimanapun, kualitas penerapan waskat di dalam institusi Polri akan tecermin dari tugas pokok dan fungsi yang mencakup penegakan hukum, harkamtibmas, serta perlindungan, pelayanan, dan pengayoman di tengah masyarakat.

Survei masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober hingga 15 November 2023. Survei yang dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah polda, dengan total keseluruhan 3.400 responden masyarakat umum, itu menunjukkan capaian sangat positif bagi kinerja Polri.

Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Tingkat kepercayaan 90 persen, margin of error penelitian pada setiap wilayah Polda lebih kurang 8,22 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

"Secara rata-rata, tak kurang 87,8 persen publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi. Tercatat sembilan dari sepuluh responden sepakat untuk menyatakan puas terhadap pelayanan yang dihadirkan Polri kepada masyarakat," tulis Litbang Kompas seperti dikutip detikcom, Selasa (26/12).