Pastikan Aman, Kasat Sabhara Polres Ngada Rutin Cek Sel Tahanan

Pastikan Aman, Kasat Sabhara Polres Ngada Rutin Cek Sel Tahanan

Tribratanewsntt.com - Pastikan aman, Kasat Sabhara Polres Ngada AKP Didik Riyanto bersama anggota jaga rutin mengecek ruang (sel) tahanan Mapolres Ngada, jumat (12/7/2019) kemarin.

Adapun yang menjadi sasaran pemeriksaan yaitu jumlah tahanan, keamanan tahanan, kesehatan tahanan, serta barang-barang yang tidak boleh berada di dalam tahanan seperti korek api, sarung, barang tajam, sendok besi.

Saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Sabtu (13/7/2019) pagi Kasat Sabhara Polres Ngada mengatakan bahwa pengecekan tersebut dilakukan supaya kami dapat memonitor secara langsung keadaan dan kondisi, baik tahanan mau pun ruang tahanan. Sehingga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diingiinkan.

Selain itu juga Kasat Sabhara juga meneliti buku mutasi penjagaan tahanan dan kebersihan ruang tahanan.

“Petugas jaga tahanan harus selalu tanggap setiap saat, wajib sterilisasi/pengecekan badan, dan barang di ruang tahanan", paparnya.

"Kegiatan pengecekan ruang tahanan merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan baik oleh petugas piket, dan anggota jaga mengantisipasi terjadinya tahanan lari", tegasnya.

"Dari hasil pengecekan tersebut dan sepekan terakhir, tidak ditemukan benda terlarang di dalam ruang tahanan. Dalam kesempatan itu, terpantau jumlah tahanan dalam keadaan lengkap, dan sehat", pungkasnya. (G)