Patroli Gabungan Tiga Pilar: Menjaga Kondusifitas Kamtibmas di Provinsi NTT Dalam Tahap Kampanye Pemilu 2024

Patroli Gabungan Tiga Pilar: Menjaga Kondusifitas Kamtibmas di Provinsi NTT Dalam Tahap Kampanye Pemilu 2024

Tribratanewsntt.com - Pada Rabu malam (29/11/2023), dilaksanakan patroli gabungan tiga pilar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kota Kupang dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama tahap kampanye Pemilu 2024.

Patroli kali ini melibatkan 72 personel Satgas Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, 7 personel TNI Denpom, dan 7 personel Satpol - PP Provinsi NTT.

Kegiatan dimulai dengan apel pengecekan dan arahan oleh Kasatgas Kasubsatgas Lidik Satgas Gakkum OMB Turangga, Kompol Yan Christian Ratu, S.H.

Dalam arahannya, Kompol Yan Christian Ratu, S.H., menekankan pentingnya bersikap humanis dalam tindakan kepolisian dan menjaga netralitas tanpa menunjukkan dukungan terhadap partai politik.

Patroli ini menggunakan 5 unit kendaraan dinas R4 dan R2, termasuk sedan patroli, kendaraan Den Pom, Pol-PP, Bus Sabhara, Truk Brimobda, dan Ambulance Rs. Titus Uly. Dengan Rute patroli meliputi Jalan Herewila - Jalan El Tari menuju Kantor Bawaslu Provinsi NTT.

Di Kantor Bawaslu Provinsi NTT, Sekitar pukul 20.00 Wita dilakukan pengecekan dan pengaturan di depan kantor Bawaslu NTT. Patroli selanjutnya menuju KPU Kota Kupang dengan pengamanan oleh anggota Pamdal KPUD Kota Kupang dan Dalmas Polres Kota Kupang.

Pengamanan juga dilakukan di depan kantor Bawaslu Kota Kupang dengan melibatkan anggota Polresta Kupang Kota. Tim Patroli melanjutkan perjalanan melewati beberapa lokasi strategis, termasuk Bundaran Tirosa, Jalan Frans Leburaya, dan Jalan W.J. Lalamentik, menuju Kantor KPUD Provinsi NTT.

Di KPUD Provinsi NTT, dilakukan pengamanan oleh anggota Pamdal KPUD Provinsi NTT dan Dalmas Ditsamapta Polda NTT. Kegiatan patroli berakhir pada pukul 21.35 Wita setelah melintasi Jalan Polisi Militer.

Patroli tersebut bertujuan menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif selama tahap kampanye Pemilu 2024 di wilayah Kota Kupang. Sasaran patroli meliputi kawasan keramaian, kantor Pemprov NTT, Kantor KPU Provinsi NTT, dan Kantor Bawaslu Provinsi NTT.

Dalam pelaksanaannya, tidak ditemukan kegiatan yang mengganggu kamtibmas, dan patroli berjalan dengan aman dan lancar.

Patroli ini sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan tahap kampanye Pemilu 2024 dengan menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.