Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama TNI-Polri : Sinergitas untuk Sukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Hukum Polda NTT

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama TNI-Polri : Sinergitas untuk Sukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Hukum Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Polda NTT dan Kodam IX Udayana melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Senin, 04 Desember 2023.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., dan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Harfendi, S.IP., M.Sc.

Kegiatan juga dihadiri oleh beberapa para pejabat utama Polda NTT dan juga pejabat utama TNI. Langkah ini dilakukan dalam upaya meningkatkan sinergitas dan integritas pelaksanaan tugas dan fungsi antara kepolisian dan militer di wilayah hukum Polda NTT.

Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., menjelaskan bahwa PKS ini merupakan turunan dari MoU yang telah ditandatangani oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Kapolri.

Substansi dari PKS mencakup tukar-menukar informasi keamanan, pengembangan kapasitas, kerjasama sarana dan prasarana, masalah personel, serta operasional di lapangan.

"Perjanjian PKS ini adalah tindak lanjut dari MoU TNI-Polri. Jadi, inilah substansi PKS dari MoU yang ditandatangani oleh Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri," ujar Irjen Pol. Johni Asadoma.

Sementara itu, Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Harfendi, S.IP., M.Sc., menegaskan bahwa sinergitas TNI-Polri di wilayah hukum Polda NTT telah berjalan lancar dan lama.

"Penandatanganan PKS ini merupakan bentuk komitmen TNI dan Polri untuk selalu bekerja sama dalam melaksanakan tugas di lapangan, terutama menghadapi tahun Pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan", ungkap Pangdam IX Udayana

Pangdam IX Udayana berharap bahwa dengan sinergitas TNI-Polri, Pemilu yang akan datang dapat disambut dengan suka cita tanpa rasa takut dan khawatir.

Ia mengajak masyarakat untuk bergandeng tangan dalam menjaga pesta demokrasi, menciptakan suasana yang aman, gembira, dan tanpa rasa takut.

"Kita berharap dengan sinergitas TNI-Polri, masyarakat kita happy, bergembira tak ada rasa takut atau khawatir dalam menyambut pesta demokrasi yang akan datang. Dengan sinergitas, kita ciptakan Pemilu yang aman, gembira dan tanpa ada rasa takut," tutupnya.