Patroli Kampanye Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024: Menjaga Kondusifitas dan Netralitas di Kota Kupang

Patroli Kampanye Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024: Menjaga Kondusifitas dan Netralitas di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Batalyon I Kompi III Operasi Mantap Brata (OMB) Turangga 2023-2024 melaksanakan kegiatan patroli tahapan kampanye pada hari Selasa, 12 Desember 2023, malam di wilayah Kota Kupang.

Kegiatan ini diawali dengan apel kesiapan, pengecekan personil, dan pengarahan oleh Perwira Satgas Kamseltibcarlantas OMB Turangga, Ipda Darwin Souisa, S.H.

Dalam arahan, pimpinan apel menekankan pentingnya bersikap humanis dalam tindakan kepolisian selama patroli, memastikan ketertiban berlalu lintas, dan menjaga netralitas dengan tidak menunjukkan gestur tubuh berkaitan dengan simbol partai politik.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan 7 unit kendaraan dinas, termasuk mobil patroli dari Dit Lantas Polda NTT, Ditpamobvit Polda NTT, Dimex Ditsamapta Polda NTT, Bus Sabhara Polda NTT, Truk Brimobda NTT, dan Ambulance Rs. Titus Uly.

Pukul 19.40 Wita, Batalyon I Regu III tiba di lokasi nobar relawan Prabowo Hotel Papa John, dengan partisipasi partai koalisi Prabowo-Gibran dan sekitar 100 orang massa. Patroli gabungan memastikan situasi aman dan terkendali di sekitar lokasi nobar.

Selanjutnya, patroli menyusuri beberapa lokasi nobar lainnya, termasuk Sekretariat DPW Demokrat Provinsi NTT, posko Ganjar-Mahfud, dan Posko Orang Muda Gancar (OMG).

Pada setiap lokasi, patroli memastikan situasi kondusif dan tidak ditemukan kegiatan yang dapat mengganggu kamtibmas.

Tim patroli kemudian menuju Kantor Bawaslu Provinsi NTT dan Kantor KPUD Provinsi NTT, melibatkan pengaturan oleh Dalmas Ditsamapta Polda NTT.

Hingga pukul 21.15 Wita, tidak ditemukan kegiatan yang mengganggu kamtibmas di sekitar kawasan tersebut.

Kegiatan patroli ini bertujuan menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif menjelang tahap kampanye Pemilu 2024, dengan fokus pada pengamanan kantor penyelenggara Pemilu dan tempat nobar.

Patroli berjalan dengan aman dan lancar, mendukung pelaksanaan tahap kampanye Pemilu 2024 di Kota Kupang.