Patroli Rutin, Personel Ditsamapta Polda NTT Imbau Warga Patuhi Prokes

Patroli Rutin, Personel Ditsamapta Polda NTT Imbau Warga Patuhi Prokes

Tribratanewantt.com - Personel Ditsamapta Polda NTT melaksanakan kegiatan patroli dialogis dalam rangka pencegahan dan penanganan Protokol Kesehatan Covid -19 di wilayah kota kupang, Sabtu (21/8/2021).

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 21 personel Ditsamapta Polda NTT terdiri dari, UPRC, Rantis dan Bintara Remaja yang dipimpin oleh Aiptu Rikardus Allen Farchy, didampingi oleh Aipda Dirk Ferdinand Paa.

Patroli dialogis dengan sasaran tempat rawan kerumunan seperti di  pertokoan, terminal, tempat wisata/pantai, tempat hajatan dan jalan protokol.

Menggunakan kendaraan bermotor diantaranya, R4 UPRC, Raisa, R2 UPRC dan Turjawali, Personel Ditsamapta menyambangi tempat-tempat berkumpulnya warga masyarakat dan menyampaikan imbauan protokol kesehatan (Prokes) 5 M yakni, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Dalam kegiatan ini, masih ditemukan warga yang tidak menerapkan prokes yakni, tidak menggunakan masker. Kepada warga yang tidak memakai masker, diberi teguran secara humanis sekaligus membagikan masker secara gratis untuk digunakan.


Aiptu Rikardus Allen Farchy mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan personel Ditsamapta Polda NTT, patroli ini selain untuk menciptakan Kamtibmas wilayah, juga untuk mengimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. 

‘Melalui  giat  patroli serta koordinasi dan bekerjasama dengan semua pihak terus kami lakukan untuk menciptakan Kamtibmas guna memelihara kondusifitas wilayah, apalagi di tengah suasana pandemi seperti ini sinergi dengan semua pihak sangat diperlukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.”Jelasnya.

Ditambahkan ditengah upaya masyarakat untuk mencari nafkah, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak dengan orang lain, pakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan sebisa mungkin kurangi mobilitas keluar rumah serta jauhi kerumunan.

“Mari bersama kita putus rantai penyebaran virus Covid-19, agar virus ini cepat berakhir dan kita bisa beraktifitas dengan aman seperti dulu sebelum pandemi Covid-19 mewabah.”Tutup Aiptu Rikardus Allen Farchy.