Peduli Lingkungan, Polda NTT Bersihkan Sampah di Kawasan Pantai LLBK Yang Diresmikan Oleh Presiden RI

Peduli Lingkungan, Polda NTT Bersihkan Sampah di Kawasan Pantai LLBK Yang Diresmikan Oleh Presiden RI

Tribtatanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar kawasan pantai Lahi Lai Bissi Kopan (LLBK), Kelurahan LLBK, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Kamis (13/7/2023) pagi.

Pantai LLBK ini merupakan kawasan penataan yang telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 24 Maret 2022 lalu.

Namun, tak hanya di Kupang saja, kegiatan pembersihan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Polda NTT, termasuk Polres dan Polsek yang telah menentukan area pembersihan masing-masing.

Kegiatan bersih-bersih sampah ini diinisiasi sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan dan pembersihan sampah. Polri Polda NTT sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat.

Pembersihan serentak ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk warga setempat, remaja/millennials, influencer, mitra Polri, dan stakeholder terkait. Dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Polda NTT memahami bahwa kolaborasi dan partisipasi semua pihak sangatlah penting.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto dan juga dihadiri oleh pejabat utama Polda NTT, para anggota, Lurah LLBK berserta masyarakat sekitar.

Selanjutnya, para peserta kegiatan dengan semangat melaksanakan pembersihan sampah di area yang telah ditentukan.

Mereka bekerja sama membersihkan area lapangan, area pantai, trotoar, dan jalur pejalan kaki dari berbagai jenis sampah seperti plastik, kertas, dan sampah organik.

Personel Polda NTT juga memberikan edukasi kepada peserta mengenai pentingnya memilah sampah dan cara pengelolaan sampah yang baik.

Dalam kegiatan ini, masyarakat sekitar juga turut berperan aktif dalam membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan harapan dapat mendorong masyarakat lainnya untuk partisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih sampah serentak ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat. Mereka merasa terlibat dan bersemangat untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Para peserta juga berharap agar kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi Kota Kupang dan seluruh wilayah Polda NTT.

Wakapolda NTT dalam kesempatan itu mengungkapkan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan masyarakat dan keindahan Kota Kupang serta seluruh wilayah Polda NTT.

"Kegiatan ini adalah program kegiatan Polri yaitu peduli lingkungan, dengan tema membersihkan sampah secara serentak tergabung dari TNI-POLRI dan juga warga masyarakat. Warga masyarakat itu tidak terbatas ada dari generasi Z, influence, warga masyarakat biasa bahkan termasuk warga masyarakat di sekitar LLBK sini", ucap Wakapolda NTT.

Dikatakannya bahwa semua ini terkait masalah kepedulian lingkungan. Ada beberapa tempat yang sudah dimeping untuk dibersihkan.

"Kita lihat tadi terkhusus pembersihan sampah-sampah yang memang belum sempat tersentuh untuk dibersihkan sehingga polri mendatakan, melihat dan melakukan pembersihan-pembersihan tersebut", kata Jenderal Bintang Satu ini

Polda NTT berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan yang fokus pada kebersihan lingkungan serta melibatkan berbagai pihak dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi masyarakat.

"Ini mungkin kaitannya dengan program-program kedepan untuk bersinergi dengan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan masyarakat yang bersifat sosial", tandasnya.