Pembukaan Tes Bintara Polri Melalui Talent Scouting Prestasi Akademik & Prestasi Non Akademik, Simak Persyaratannya

Pembukaan Tes Bintara Polri Melalui Talent Scouting Prestasi Akademik & Prestasi Non Akademik, Simak Persyaratannya

Tribratanewsntt.com,- Biro SDM Polda NTT kembali membuka pendaftaran Rekpro Bintara Polri TA. 2022. Pendaftaran dimulai tanggal 10 sampai dengan 19 November 2021. Adapun tes Bintara Polri melalui Talent Scouting Prestasi akademik & prestasi non akademik persyaratannya adalah Pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI dan tidak terikat ikatan dinas.

Untuk pendidikan SMA/SMK/MA/sederajat, bagi lulusan sebelum tahun 2019 melampirkan nilai akhir(gabungan nilai rata-rata UN ditambah nilai rata-rata ujian sekolah dibagi dua) minimal 60,00. Bagi lulusan tahun 2019 melampirkan Nilai Akhir Sekolah,(gabungan nilai rata-rata Rapor ditambah nilai rata-rata USBN dibagi dua) minimal 70,000. Lulusan tahun 2020 dan 2021 menggunakan nilai rata-rata rapor dengan akumulasi 65,00. Peserta rekrutmen proaktif dari kategori prsentasi akademik tidak boleh berasal dari pendidikan paket A,B dan C sedangkan kategori lainnya diperbolehkan

Sementara itu lulusan D-III dengan IPK minimal  2,75 dan Akreditasi  Prodi terakditasi  dari BAN PT. Bagi yang masih duduk di kelas 3 (lulusan tahun 2022) melampirkan nilai rata-rata rapor semester 1 minimal 70,00 dan setelah lulus melampirkan ijasah dengan akhir. Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat, tidak mempunyai anak kandung atau biologis dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan Bintara Polri serta ditambah 2 tahun setelah lulus, bagi casis wanita belum pernah hamil atau melahirkan, dibuktikan dengan surat keterangan lurah/kades dan secara medis dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.

Melalui kategori prestasi akademik untuk calon Bintara yang masih kelas XII, Juara 1 sampai dengan 3 olimpiade Sains tingkat Kabupaten, Juara 1sampai dengan 5 olimpiade Sains tingkat Provinsi, Juara 1 sampai dengan 10 olimpiade Sains Nasional. Kejuaraan yang diikuti adalah event berskala Provinsi/Nasional/Internasional yang direkomendasikan oleh Kemenpora dan Kemendikbud.

Untuk calon yang sudah lulus SMA / MA memiliki nilai hasil Ujian Nasional (bukan ujian perbaikan, peringkat 1 sampai dengan 10 terbaik pada tingkat Kabupaten/Kota, dibuktikan dengan surat keterangan dari dinas pendidikan Provinsi setempat).

Melalui prestasi non akademik dengan ketentuan Juara 1, 2 atau 3 bidang olahraga tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diselenggarakan oleh Kemenpora dan Kemendikbud diantaranya  Juara 1, 2 atau 3 MQK, MTQ, Jambore Nasional Agama Hindu, Usara Dharma Gita (Agama Hindu) dan Sippa Damma Samaja (Agama Budha) tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diselenggarakan oleh Kemenag RI. Hafidz quran minimal 10 juz serta memiliki kemampuan tafsir qur’an dan Paskibra tingkat nasional.

Prestasi non akademik berlaku paling lama 3 tahun sebelum pendaftaran penerimaan anggota Polri dan dibuktikan dengan tanggal yang tercantum dalam piagam/piala/medali dan atau surat keterangan dari instansi/lembaga yang berwenang.

Kriteria perlombaan/pertandingan yang masuk kriteria prestasi non akademik adalah bidang olahraga yang berkaitan dengan tugas kepolisian seperti beladiri, menembak, renang, tenis meja, tenis lapangan, bola voli, sepakbola.

“Bagi yang memenuhi kriteria silahkan mendaftar ke Polres setempat, atau bisa langsung ke lantai 3 gendung utama Polda NTT Bagian Dalpres Biro Sumber Daya Manusia  (SDM) Polda NTT. Silahkan akses medsos Instagram @sdmpoldantt , Facebook Rekrutmen Polda NTT, Instagram @rekpolpoldantt dan WhatsApp ke nomor 0821-4729-5496”ujar Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B, S.H., S.I.K.,M.H.