Pemerintah Provinsi NTT Siap Bantu Sarana dan Prasarana Lima Polres Baru

Pemerintah Provinsi NTT Siap Bantu Sarana dan Prasarana Lima Polres Baru

Tribratanewsntt.com ,- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pemerintah daerah (kabupaten) siap membantu sarana dan prasarana Polres yang baru dibentuk. Saat ini, telah dibentuk lima Polres baru hasil pemekaran dari lima Polres induk di jajaran Polda NTT.

"Akan dibantu baik dari Kabupaten maupun Provinsi. Kita akan siapkan (sarana prasarana kantor) untuk membantu agar bisa berjalan dengan baik," ujar Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat ditanya wartawan usai mengikuti upacara sertijab dan pelantikan lima Ps Kapolres di Lapangan Polda NTT, Rabu (18/12/2019).

Viktor mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari dukungan pemerintah terhadap lima Polres baru yang telah definitif.

Pemerintah provinsi, kata Viktor, menaruh harapan besar agar ada koordinasi yang baik antara Kapolres dan Bupati serta Forkopimda. Hal tersebut, diharapkan mampu meningkatkan ketertiban dan keamanan di daerah masing masing.

"Ketertiban pastinya akan meningkat di kabupaten yang sudah ada Polresnya. Jadi kita harapkan koordinasi yang baik dari bupati dan Kapolres mampu meningkatkan ketertiban dan keamanan di daerah masing masing," ujarnya.

Saat ini, Pemda lima Kabupaten telah memberikan fasilitas bangunan untuk digunakan sebagai kantor operasional sementara Polres yang baru hingga pembangunan Polres yang permanen.

Di Kabupaten Sabu Raijua, pemerintah menyediakan eks kantor dinas PU untuk digunakan sebagai kantor Polres, sementara di Kabupaten Malaka, Pemda menyediakan kantor eks Puskesmas sebagai Kantor Polres Malaka.

Forkopimda, katanya, mendukung pemekaran Polres untuk mendekatkan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Hamidin memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Karo Logistik Polda NTT, Kapolres Kupang dan Kapolres Manggarai Barat serta pelantikan pejabat sementara (Ps) Kapolres untuk lima Polres baru jajaran Polda NTT.

Upacara sertijab dan pelantikan dilaksanakan di Lapangan Ricky Sitohang Polda NTT, jalan Soeharto Kecamatan Kota Raja Kota Kupang pada Rabu (18/12/2019) pagi.

Acara sertijab dan pelantikan dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Forkopimda NTT serta Bupati dan DPRD kabupaten Malaka, Sabu Raijua, Sumba Barat Daya, Manggarai Timur dan Nagekeo.