Peringati Hari Bhayangkara ke-78, Polda NTT Gelar Aksi Kesehatan untuk Ratusan Penyandang Disabilitas

Peringati Hari Bhayangkara ke-78, Polda NTT Gelar Aksi Kesehatan untuk Ratusan Penyandang Disabilitas

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Bidang Dokkes Kesehatan (Biddokkes) Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar bakti kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada penyandang disabilitas.

Kegiatan ini mengusung tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Kegiatan bakti kesehatan ini berlangsung di dua lokasi, yaitu Komunitas Perkumpulan Tuna Daksa Kristiani (Persani) di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, dan Komunitas Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Cabang Kota Kupang, Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa pada Rabu (19/6/2024) kemarin.

Dipimpin oleh Kaur Yankes Biddokkes Polda NTT, Kompol Aris Saputro, S.H., M.H., M.Si., bersama Tim Biddokkes Polda NTT dan RS Bhayangkara Kupang, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada penyandang disabilitas.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., dalam keterangannya pada Kamis (20/6), menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat, khususnya penyandang disabilitas.

"Bakti kesehatan ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Kombes Pol. Ariasandy.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan kesehatan berupa konsultasi dokter, pengobatan gratis, serta pengecekan kolesterol, gula darah, dan asam urat.

Pemeriksaan ini ditujukan kepada 102 orang penyandang disabilitas Tuna Daksa dan 117 orang penyandang disabilitas Tuna Netra, dengan total peserta mencapai 219 orang.

Kegiatan bakti kesehatan ini mendapat sambutan antusias dari ratusan penyandang disabilitas yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

"Pemeriksaan kegiatan bakti kesehatan ini juga dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78," tambah Kombes Pol. Ariasandy.

Bakti kesehatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polri dalam mewujudkan Polri Presisi yang mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas.

Melalui kegiatan ini, Polri tidak hanya menunjukkan perannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga kepeduliannya terhadap kesejahteraan masyarakat.