Personel Polda NTT BKO Ops Lilin Polresta Kupang Kota Mantapkan Kegiatan Strong Point untuk Keamanan Lalu Lintas

Personel Polda NTT BKO Ops Lilin Polresta Kupang Kota Mantapkan Kegiatan Strong Point untuk Keamanan Lalu Lintas

Tribratanewsntt.com – Malam Jumat, 29 Desember 2023, menjadi momen kuat bagi 137 personel Polda NTT yang BKO (Bertempur Keluar) dalam Operasi Lilin Polresta Kupang Kota.

Mereka melakukan kegiatan Strong Point dengan tujuan utama mengurangi angka pelanggaran lalu lintas dalam rangka menciptakan keamanan dan kelancaran selama libur Natal dan Tahun Baru.

Strong Point atau kegiatan pengaturan arus lalu lintas diselenggarakan di beberapa titik strategis, antara lain di Jalan R.A Kartini, Jalan Sam Ratulangi (Seputaran Taman Tagepe), serta Jalan bundaran PU, Kelurahan TDM, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Kabag OPS Polresta Kupang Kota, Kompol Joni Sihombing, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan teguran dan imbauan kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran terlihat, seperti tidak menggunakan helm SNI, bonceng tiga, dan knalpot bising.

"Pembagian tugas personel Ops Lilin di beberapa strong point di wilayah Kota Kupang bertujuan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif terkait dengan penyakit masyarakat seperti penggunaan knalpot resing, minuman keras di tempat umum, dan penggunaan petasan rakitan," ungkap Kabag OPS.

Ia menekankan bahwa pelaksanaan tugas personel Polri di lapangan harus bersifat preventif, persiapan respons, dan pemulihan. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan represif dan arogansi, menjaga kredibilitas Institusi Polri, khususnya Polda NTT.

Strong Point bukan hanya sebagai upaya pengaturan lalu lintas, tetapi juga sebagai wujud kehadiran Polisi di tengah masyarakat. Kabag Ops menghimbau agar masyarakat tetap tertib berlalu lintas, menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Kupang.

Kegiatan ini juga diarahkan untuk menghindari kemacetan dan membantu masyarakat pengguna jalan menyeberang dengan aman. Personel BKO Ops Lilin 2023 memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas sebagai bentuk deteksi dini untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Pengaturan lalu lintas oleh personel BKO Ops Lilin 2023 adalah bentuk pelayanan prima dari Personel Polda NTT kepada masyarakat, demi menciptakan keamanan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat," tambahnya.

Pada pelaksanaan Strong Point malam itu, situasi berjalan aman, lancar, dan kondusif, menjadi bagian dari upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru.