Personel Terus Berikan Bantuan dan Himbauan Kepada Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki di Flores Timur

Personel Terus Berikan Bantuan dan Himbauan Kepada Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki di Flores Timur

Personel Polda NTT yang bertugas di Polsek Wulanggitang, Polres Flores Timur, turut memberikan bantuan sembako dan masker kepada masyarakat sekitar di kecamatan Ilebura yang terdampak Erupsi Gunung Api Lewotobi Laki pada Rabu, 24 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Wulanggitang, Iptu I Nyoman Karwadi, S.H., bersama beberapa personelnya, menunjukkan kepedulian Polri terhadap warga yang memerlukan bantuan akibat bencana alam tersebut.

saat dikonfirmasi, Kamis (25/1/2024) Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT, mengungkapkan bahwa aksi mulia ini adalah wujud nyata dari Polri dalam membantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Api Lewotobi Laki.

Selain bantuan sembako dan masker, anggota Polsek Wulanggitang juga berpartisipasi dalam membantu di dapur umum untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi.

Aparat Desa Riangrita juga menerima kunjungan dari personel Polda NTT sebagai bentuk sambang dan pemberian himbauan terkait dampak erupsi dan perubahan cuaca ekstrem.

Selain distribusi bantuan, penyaluran air minum bersih kepada pengungsi di Desa Konga menjadi prioritas, mengingat air bersih adalah kebutuhan utama dalam situasi darurat.

Upaya ini diharapkan dapat meringankan beban para pengungsi.

Kabar terkait potensi bahaya erupsi dan hujan abu disampaikan dengan himbauan kepada masyarakat agar tetap berada di dalam rumah.

Jika berada di luar, disarankan menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Masyarakat sekitar Gunung Lewotobi juga diminta untuk mewaspadai potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi, terutama saat hujan dengan intensitas tinggi.

Seluruh himbauan ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat terdampak erupsi.