Personil Polda NTT Amankan Rangkaian Pelantikan Dua Kepala Daerah di Kota Kupang

Personil Polda NTT Amankan Rangkaian Pelantikan Dua Kepala Daerah di Kota Kupang
Personil Polda NTT Amankan Rangkaian Pelantikan Dua Kepala Daerah di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., diwakili oleh Karo SDM Polda NTT Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Sudarto, S.I.K., menghadiri Acara Pengambilan Janji Jabatan dan Pelantikan Wakil Bupati Lembata menjadi Bupati Lembata serta Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua sesuai hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Tahun 2021 oleh Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat atas Nama Presiden Republik Indonesia, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT, Ketua DPRD Provinsi NTT, Wakil Ketua III DPRD Provinsi NTT, Ketua TP. PKK/Dekranasda Provinsi NTT, Forkopimda Provinsi NTT, Wakil Bupati Lembata menjadi Bupati Lembata, Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua hasil (PSU) serta tamu undangan lainnya dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan secara tegas.

Untuk diketahui bersama, dua kepala daerah yang dilantik hari ini yakni Dr. Thomas Ola Langoday sebagai Bupati Lembata, Drs. Nikodemus Nithanel Rihi Heke, M.Si., sebagai Bupati Sabu Raijua dan Yohanis Uly Kale, A.Md., sebagai Wakil Bupati Sabu Raijua.

Kegiatan diawali dengan penyambutan Devile, Pembukaan oleh MC, Pembacaan Surat Keputusan Mendagri dan Persiapan Pengambilan Sumpah dilanjutkan dengan Pengucapan sumpah janji di Pandu oleh Gubernur NTT, pengukuhan oleh Rohaniawan diawali dengan doa serta Penandatanganan Berita Acara Sumpah Janji Jabatan.

Kemudian pemasangan Tanda Pangkat Jabatan,  Penyerahan tanda Jabatan dan Penyerahan Keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Gubernur NTT, Penandatanganan Fakta Integritas oleh masing-masing Bupati dan Wakil Bupati terpilih dan Doa yang dipimpin oleh perwakilan Kanwil Agama Provinsi NTT.

Selesai pelantikan Bupati Lembata, Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua. Kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP. PKK/ Dekransada Kabupaten Lembata dan Sabu Raijua.

Pengangkatan Wakil Bupati Lembata menjadi Bupati Lembata berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 131.53/3963 Tahun 2021, tertanggal 23 Agustus 2021 yang mana menggantikan mantan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur yang meninggal dunia.

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua dari hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Sabu Raijua tanggal 07 Juli 2021 dan Penetapan pengesahan pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Daerah Berdasarkan Lampiran Surat Keputusan Mentri Dalam Negri  Nomor: 131.53-4074 tahun 2021 tanggal 07 September 2021,  menggantikan pasangan Orient P Riwu dan Tobias Ully yang menjadi Pemenang Pilkada Sabu Raijua 2020 didiskualifikasi oleh MK karena tersangkut masalah kewarganegaraan Ganda.

Terpisah, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B., S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi di Mapolda NTT mengatakan bahwa pihaknya memperketat pengamanan baik dari luar gedung hingga pintu – pintu masuk ruang Aula El Tari.

"Selama kegiatan berlangsung Personil Polda NTT dan Polres Kupang Kota melakukan pengamanan baik terbuka maupun tertutup", ujar Kabidhumas Polda NTT

Kegiatan pengamanan pelantikan tersebut melibatkan 82 Personil Polri Polda NTT yang terdiri dari Polres Kupang Kota, Unit Jibom serta Wanteror Satbrimobda Polda NTT, dan Ditpamobvit Polda NTT yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya P. T. Binti, S.I.K., didampingi Kabagops Polres Kupang Kota dan Kapolsek Oebobo.

"Seluruh rangkaian kegiatan Pelantikan Bupati Lembata, Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua berjalan dengan aman dan terkendali", tandasnya.