Pesta Adat Pasola, Kapolres Sumba Barat Pimpin Pengamanan

Pesta Adat Pasola, Kapolres Sumba Barat Pimpin Pengamanan

Tribratanewsntt.com - Personel Polres Sumba Barat melaksanakan pengamanan Pesta Adat Pasola yang dipimpin oleh Kepala Resor (Kapolres) Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K., di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/2/2019).

Kegiatan ini merupakan hari pertama Pesta Adat yang diselenggarakan oleh para Rato/Tokoh Adat Sumba.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole, personel Brimob Subden 4 Den 4 Pelopor, personel TNI Kodim 1613 Sumba Barat, Camat Lamboya, Camat Laboya Barat dan para Tokoh Adat serta masyarakat Sumba.

Kapolres Sumba Barat Michael Irwan Thamsil, S.I.K., mengatakan acara Adat Pasola dibanjiri masyarakat Sumba termasuk para wisatawan domestik maupun mancanegara yang hendak menyaksikan secara langsung Pesta Adat ini.

"Dibutuhkan dukungan dari seluruh aparat Desa di Sumba agar memberikan sumbangsih secara moril, sehingga Pesta Adat Pasola yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumba bisa berjalan dengan lancar dan tertib" imbaunya.

Lanjutnya, Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan dan harapan kita bersama agar pelaksanaannya berjalan lancar, aman dan damai karena Pesta Adat Pasola ini merupakan warisan leluhur dan aset Bangsa.

"Pasola merupakan salah satu tradisi masyarakat Sumba yang sangat fenomenal", pungkasnya. (G)