Pimpin Apel Perdana, Kapolda NTT : Bae Sonde Bae Beta Pung Polda NTT Harus Paling Bae

Pimpin Apel Perdana, Kapolda NTT : Bae Sonde Bae Beta Pung Polda NTT Harus Paling Bae
Pimpin Apel Perdana, Kapolda NTT : Bae Sonde Bae Beta Pung Polda NTT Harus Paling Bae

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs.Lotharia Latif, S.H., M.M.Hum mengambil apel perdana yang diikuti oleh Wakapolda NTT, Irwasda Polda NTT, dan Pejabat Utama Polda NTT dan seluruh anggota Polri serta ASN lingkungan Polda NTT yang digelar di Lapangan Utama Polda NTT, Selasa (8/9/2020) pagi.

Dalam kesempatan apel perdana ini, Kapolda NTT mengajak seluruh personel Polda NTT untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan moril, pembinaan personel dan operasional yang dinilai sudah cukup baik dengan sikap saling asih, saling asah dan saling asuh serta kebersamaan di dalam pelaksanaan tugas.

"Tidak ada keberhasilan yang sering saya sampaikan tanpa adanya kebersamaan", ujar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Ia pun mengajak seluruh personel Polda NTT untuk tetap menjaga kebersamaan, saling mengingatkan dalam pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan peran serta tanggung jawab sebagai anggota Polri. 

"Kesatuan yang besar tidak akan mungkin terbangun tanpa disiplin yang baik, disiplin itu adalah pondasi, dasar, tanpa suatu disiplin yang kuat pasti di dalam suatu operasional atau kesatuan itu akan kalah", ucap Kapolda NTT

"Di dalam suatu pertempuran atau peperangan jumlah besar, itu bukan merupakan jaminan, tetapi disiplin yang kuat di dalam suatu tim walaupun tim itu jumlahnya sedikit tetapi kalau ia mempunyai disiplin yang baik, memeliki moril yang baik, mempunyai kemampuan operasional yang baik, pasti dia akan dapat  mengalahkan kesatuan jumlah yang besar yang tanpa memeliki disiplin yang baik", tambahnya.

Ia katakan bahwa, disiplin Polri bukanlah disiplin mati, bukanlah disiplin militeristik tetapi disiplin Polri adalah bagaimana ketaatan mengatur diri sendiri melaksanakan pekerjaan sesuai tupoksi, sesuai job description dengan memulai dari perencanaan sampai pengakhiran tugas dengan setiap hari mengevaluasi apa yang telah dilakukan untuk kesatuan.  

Oleh karena itu, Kapolda berharap setiap personel harus tau apa yang akan dikerjakan sesuai dengan tupoksinya.Maka disitulah diperlukan suatu dedikasi, pengabdian diri secara ikhlas kepada kesatuan dengan segala keterbatasan yang dimilik.

"Kita tidak hidup di suatu lokasi, di suatu tempat dengan segala kesempurnaan, jangankan di suatu kesatuan besar seperti ini di lingkungan terkecil kita, di keluarga kita masing-masing tidak ada kesempurnaan itu. Untuk itu jangan jadikan ketidak sempurnaan itu alasan untuk kita tidak melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapakan, sesuai dengan rencana kerja kita, sesuai dengan tap kinerja yang telah ditetapkan. Yang paling penting itu adalah bagaimana dengan dedikasi tinggi kita, kita bersama- sama menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan oleh Bangsa dan Negara kepada kita", harapnya.

Pada kesempatan ini, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum juga menekankan tiga hal penting kepada seluruh personel Polda NTT terkait program Polda NTT kedepan yang harus segera dilaksanakan antara lain, terkait pencegahan Covid-19, Kesiapan Polda NTT dalam pengamanan Pilkada serentak di sembilan Kabupaten di wilayah NTT dan Peran penting Polda NTT dalam menjaga kondusifitas keamanan di wilayah NTT, di mana Pemerintah telah menetapkan NTT sebagai salah satu wilayah destinasi wisata premium.

"Yang pertama kita diminta terus menggelorakan tentang pencegahan Covid-19 di lingkungan diri sendiri, di lingkungan pekerjaan kita dan di lingkungan masyarakat. Saya mengharapkan seluruh anggota menggelorakan ini di lingkungan keluarganya, pada anaknya, istrinya, saudaranya dan sebagainya. Mari kita viralkan salah satunya dengan menggunakan masker adalah bentuk perjuangan kita, alat perjuangan kita untuk mencegah Covid-19", terang Kapolda NTT

"Dan yang kedua adalah kesiapan kita terkait pengamanan Pilkada serentak sembilan kabupaten yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Dan terakhir adalah program pemerintah yakni, NTT ini menjadi lokasi premium destinasi wisata, maka kewajiban kita yang ada di sini untuk bersama-sama bagaimana mengambil peranan penting menjaga kondusifitas wilayah", tambahnya.

Diakhir arahanya, Kapolda NTT mengajak seluruh personel dilingkungan Polda NTT untuk bersatu padu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Ini merupakan kehormatan bagi saya bisa bekerjasama dengan rekan-rekan sekalian di lingkungan Polda NTT, Mari kita sama-sama bekerja dengan sebaik-baiknya. saya mengutip apa yang sering disampaikan oleh orang NTT semoga saya tidak salah ya, "Bae Sonde Bae Beta Pung Polda NTT Harus Paling Bae", itu yang kita harapkan mudah-mudahan Tuhan yang Maha Kuasa memberikan keselamatan dan kesehatan bagi kita sekalian", pungkasnya.