Pimpin Pelepasan Personil Brimobda NTT BKO Polda Papua, Kapolda NTT : Tugas Adalah Suatu Kehormatan

Pimpin Pelepasan Personil Brimobda NTT BKO Polda Papua, Kapolda NTT : Tugas Adalah Suatu Kehormatan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menyampaikan tugas ini adalah suatu kehormatan dari bangsa dan negara dan dari pemerintah.

Hal ini disampaikan Kapolda NTT saat memimpin upacara bulanan dan pelepasan Personil Satuan Brimob Polda NTT yang akan melaksanakan tugas BKO di Polda Papua, Rabu (17/2/2021) pagi di lapangan Ricky Sitohang Polda NTT.

Upacara ini dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si., dan para Pejabat Utama Polda NTT serta Personil Brimobda NTT BKO Polda Papua.

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengharapkan personel yang berangkat BKO dari NTT ke Papua yang berjumlah 100 orang, harus kembali dalam kondisi sehat ke Polda NTT dengan jumlah yang sama. "Saya harap kembali ke Polda NTT dengan jumlah yang lengkap dan aman yaitu 100 orang, tidak berkurang satu pun Personil dengan alasan apapun", ucap Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda memiliki kebanggaan kepada pasukan brimob, terpilihnya pasukan brimob ini, selain rotasi dan mutasi tentu saja ada pertimbangan khusus. Untuk itu Kapolda menekankan kepada personil-personil Brimob yang akan berangkat melaksanakan tugas.

"Terus tingkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena itu adalah landasan utama, laksanakan tugas diawali dengan doa, karena doa yang menyelamatkan hidup kita, patuhi SOP dan Protap yang sudah ditetapkan, jangan membenarkan yang biasa tapi membiasakan yang benar", ujarnya.

Sudah dilaksanakan pelatihan-pelatihan baik itu sifat budaya maupun teknis yang dilakukan oleh Satbrimob. Untuk itu, Kapolda berharap pegang tegung pelaksanakan tugas ini.

Kapolda Juga berpesan kepada anggota Brimob dalam melaksanakan tugas BKO harus tetap dalam ikatan kebersamaan dan laksanakan tugas dengan penuh kewaspadaan serta tidak meremehkan situasi dan kondisi di Papua. "Dibutuhkan disiplin diri dan kesatuan serta saling menjaga satu dengan yang lain," tegasnya.

Anggota Brimob Polda NTT juga diminta menjaga marwah Polda NTT dan institusi Polri. Selanjutnya Kapolda juga berpesan agar anggota Brimob Polda NTT melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil. Jiwa ragaku demi kemanusiaan," ungkap Kapolda NTT memberikan semangat kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua.

Salain itu ada yang unik dalam upacara pelepasan ini. Kapolda NTT dan seluruh pejabat utama serta anggota Polri yang hadir memberikan penghormatan khusus kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua.

Baik Kapolda NTT maupun anggota yang hadir menghadap ke 100 anggota Brimob dan melakukan penghormatan.

Penghormatan dengan cara ini merupakan kali pertama yang digagas Kapolda NTT.

Penghormatan ini merupakan bentuk penghormatan khusus jajaran Polda NTT kepada pasukan Brimob yang melakukan tugas Polri di Polda Papua.

100 anggota Brimob Polda NTT ini akan bertugas di Polda Papua selama 6 bulan kedepan. Mereka baru akan kembali ke NTT pada akhir bulan Agustus 2021 pasca membantu tugas keamanan terutama mengantisipasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Sugapa-Intan Jaya Papua.