Polda NTT Gandeng Bhayangkari, Polwan dan Masyarakat Bersih-Bersih Sampah Plastik di Pantai Namosain

Polda NTT Gandeng Bhayangkari, Polwan dan Masyarakat Bersih-Bersih Sampah Plastik di Pantai Namosain

Tribratanewsntt.com,- Polda NTT beserta Bhayangkari daerah NTT dan Polwan serta masyarakat bersinergi mendukung gerakan beat plastic pollution untuk NTT yang lebh bersih, sehat dan lestari, Senin (26/6/23).

Kegiatan bersih-bersih sampah ini dilakukan di pantai Namosain Kota Kupang ini dalam rangka memperingati hari Bhayangkare ke 77, hari Gerak Bhayangkari ke 71 dan hari jadi Polwan ke 75 serta memperingati  hari lingkungan dunia yang telah diperingati tanggal 5 Juni 2023 lalu.

Menyusuri sepanjang pantai Namosain, dipimpin Ketua Bhayangkari Daerah NTT,  seluruh anggota Bhayangkari , Polwan maupun perwakilan anggota polda NTT melakukan pembersihan terhadap sampah plastik yang berserakan.


Usai melakukan bersih-bersih sampah plastik , Ny. Vera Johni Asadoma menyambangi para penjual ikan di sepanjang pantai serta membeli berbagai jenis ikan untuk dibagi-bagi kepada anggota Polwan dan bhayangkarinya.

Disela-sela kegiatan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Johni Asadoma mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan secara serentak dari tingkat Polda hingga Polres se NTT.

“Seperti kita ketahui bahwa NTT merupakan wilayah kepulauan sehingga banyak pantai sehingga kemungkinan terdapat banyak sampah plastik. Kegiatan di pelabuhan Namosain ini difasilitasi oleh KSOP (Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan , maka Bhayangkari berinisiatif melakukan kegiatan serentak di wilayah NTT dari pusat hingga ke daerah. Ada 21 Polres berarti ada 21 Cabang Bhayangkari yang ikut berpartisipasi bersama kami untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami juga dibantu oleh komunitas lingkungan juga masyarakat yang berada disekitar sini. Begitu juga di daerah dibantu oleh masyarakat dan komunitas daerah”ujar Ny. Vera Johni Asadoma yang didampingi Ketua Seksi hubungan luar Ny. Titin Nanang Putu Wardiyanto dan ketua Seksi Kebudayaan Ny. Selvi Rahmat Hakim.

Sengaja dipilih wilayah Pantai Namosain karena merupakan tempat aktivitas masyarakat kalau sore hari banyak muda mudi yang menikmati pemandangan disekitar sini, juga merupakan tempat bongkar muat sembako juga disini sehingga dapat mendukung perekonomian disini.

Selain bersih-bersih sampah esok hari akan melakukan gerakan cinta Rupiah dan banyak kegiatan lainnya diantaranya bhakti sosial dan kegiatan sosial lainnya seperti kepada bantuan sosial bagi anak-anak stunting.

“Kegiatan pemberian bantuan sosial kepada panti asuhan, pemeriksaan kesehatan umum, donor darah juga ada vaksin semua ini kami lakukan bersama dinas Polda NTT dalam rangka hari Bhayangkara ke 77 serta bersama Polwan dalam menyambut hari Polwan tanggal 1 September mendatang”pungkasnya.