Polda NTT Kirim 53 Anggota Bintara Jalani Pendidikan Alih Golongan di Sukabumi

Polda NTT Kirim 53 Anggota Bintara Jalani Pendidikan Alih Golongan di Sukabumi

Tribratanewsntt.- Sebanyak 53 orang bintara tinggi Polda NTT dan Polres jajaran dinyatakan lulus terpilih dalam seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri Tahun Anggaran 2023 Polda NTT.

Ke 53 calon perwira ini mengikuti seleksi dari beberapa bulan lalu yang ditangani Bagian Dalpers Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda NTT.

Kelulusan 53 peserta seleksi PAG ini diumumkan pada Selasa (26/9/2023) malam di aula SPN Polda NTT dipimpin Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Satria Yusada, SIK MSi.

Hingga akhir proses seleksi, tersisa 83 orang peserta pria dari satuan kerja lingkup Polda NTT maupun polres jajaran di lingkup Polda NTT.

Dari hasil pengumuman sebanyak 53 orang dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti pendidikan di Sukabumi, Sementara 30 orang dinyatakan lulus tidak terpilih.

dari 53 orang ini ada 49 orang masuk kuota reguler, dua orang kuota khusus Mabes Polri dan dua orang kuota khusus Kapolda NTT.

Kelulusan peserta ditandai dengan pernyataan pembukaan sidang kelulusan akhir seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke perwira 2023 dan penandatanganan surat keputusan dan berita acara.

Tahapan seleksi PAG dari bintara ke perwira dimulai dengan pendaftaran online, verifikasi administrasi dan penyerahan berkas administrasi pada 2 Agustus 2023.

Peserta juga mengikuti verifikasi administrasi, verifikasi nilai 13 komponen, pemeriksaan kesehatan, tes kesamaptaan jasmani dan penentuan memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat oleh Panda Polda NTT.

Tes psikologi, tes pengetahuan manajerial (TPM) dan tes keterampilan komputer dilaksanakan secara online dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

Karo SDM POlda NTT menyebutkan kalau seluruh proses PAG dilakukan dengan harapan seleksi dilaksanakan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis serta clear and clean dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Pendaftar sebanyak 101 orang terdiri dari 100 pria dan satu orang wanita. Setelah mengikuti proses seleksi, tersisa 83 orang peserta pria.

Sidang kelulusan harusnya diselenggarakan pada 20 September 2023 lalu namun ditunda satu pekan karena berbagai kegiatan.
Kepada peserta yang dinyatakan lulus terpilih diharapkan agar mempersiapkan diri dengan baik. sementara kepada peserta yang belum lulus karena keterbatasan kuota diminta tidak putus asa dan tetap semangat.

"Jadikan seleksi ini sebagai media untuk memperkaya pengalaman," tandas Karo SDM Polda NTT.

Para peserta dari Polda NTT ini akan mengikuti pendidikan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan mengikuti pendidikan mulai 5 Oktober 2023 hingga 1 bulan kedepan dan gelombang kedua mengikuti pendidikan mulai awal bulan November hingga Desember 2023.