Polda NTT Rayakan Syukuran Hari Bhayangkara ke-78 dengan Pemotongan Tumpeng dan Penyerahan Penghargaan

Polda NTT Rayakan Syukuran Hari Bhayangkara ke-78 dengan Pemotongan Tumpeng dan Penyerahan Penghargaan

Tribratanewsntt.com – Kepolisian Daerah (Polda) NTT merayakan Hari Bhayangkara ke-78 dengan menggelar acara syukuran yang berlangsung meriah di Lapangan Bhayangkara Mapolda NTT senin 1 Juli 2024.

Acara ini ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan piagam dan uang pembinaan kepada para pemenang berbagai perlombaan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Pejabat Gubernur NTT Ayodhia Gehak Lakunamang Kalake, S.H., MDC., bersama Ketua DPRD Provinsi NTT, Ir. Emelia Julia Nomleni. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada Polisi tertua, Kompol Dominggus Sigakole, yang telah bertugas selama 37 tahun 8 bulan, dan Polisi termuda, Bripda Dionesius Krisanto Nino, yang baru 6 bulan mengabdi di Ditsamapta Polda NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Kathy Daniel Tahi Monang Silitonga, turut memberikan potongan tumpeng kepada Pejabat Gubernur NTT, Ketua DPRD Provinsi NTT, Forkopimda NTT, Purnawirawan, dan perwakilan media.

Setelah prosesi pemotongan tumpeng, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam dan uang pembinaan kepada para pemenang berbagai kategori perlombaan. Perlombaan tersebut meliputi Lomba Fashion Show Modifikasi Tenun Daerah, Tournament E-sport Mobile Legend, Free Fire dan Pub-G, Tournament Catur, serta Lomba Kebersihan Mako.

Selain itu, Kapolda NTT didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT juga memberikan piagam penghargaan kepada anggota Polda NTT yang berprestasi, yakni Aiptu I Dewa Gede Wibawa atas loyalitas dan dedikasinya yang tinggi dalam menjalankan tugas dan membina personel Ditsamapta.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan Paduan Suara Polda NTT dan penyanyi dari Polda NTT, yang semakin menyemarakkan suasana syukuran.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78 kepada seluruh keluarga besar Polda NTT. Ia menekankan bahwa keberhasilan Polri tidak lepas dari peran serta, kolaborasi, dan kerja sama dengan berbagai pihak.

Orang nomor satu di Polda NTT ini menyampaikan apresiasi kepada seluruh unsur masyarakat yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan tugas kepolisian, serta berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT hingga tingkat RT dan RW.

Kapolda juga menegaskan komitmen Polri untuk terus mendukung program-program pemerintah daerah, serta menjaga hubungan baik dengan TNI guna mewujudkan kenyamanan bagi masyarakat.

Bilau juga mengapresiasi hubungan baik dengan para purnawirawan, warakawuri, dan keluarga besar Polri, seraya berusaha maksimal mendukung semua kegiatan agar semakin luar biasa.

Tema Hari Bhayangkara ke-78 tahun ini adalah "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas", yang menggambarkan visi Polri untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kemajuan ekonomi, keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.