POLRES NGADA GELAR PEMERIKSAAN KELENGKAPAN PEMEGANG SENJATA API

POLRES NGADA GELAR PEMERIKSAAN KELENGKAPAN PEMEGANG SENJATA API

Tribratanewsntt.com - Untuk mencegah penyalahgunaan senjata api laras panjang maupun laras pendek, anggota Polres Ngada dan Polsek jajaran yang memegang senjata api diperiksa. Pemeriksaan senjata api dipimpin oleh Wakapolres Ngada Kompol Yosef Berelaka di depan halaman Polres Ngada, senin (19/06/17).

Pemeriksaan senjata api, baik perwira maupun bintara pemegang senjata yang merupakan barang inventaris sudah menjadi agenda rutin di Polres Ngada. Wakapolres Ngada mengharapkan, dengan pemeriksaan rutin seperti ini, semua senjata api yang dibawa anggota selalu siap digunakan sebagai alat pertahanan diri Anggota Polri dan tidak menyalahgunakan  dan menimpang dari aturan yang telah berlaku.Pemeriksaan senjata api meliputi kondisi senjata api, keberadaan, jumlah peluru yang digunakan dan surat izin masa berlakunya.

“Anggota yang mau memperpanjang pinjam pakai senjata api, harus menunjukan hasil tes psikologi yang diadakan oleh tim  penguji dari Polda NTT setiap enam bulan sekali.Jika tidak ada yang lulus tes, senjata api yang digunakan akan ditarik sedangkan untuk Walpri atau Kasat dapat menggunakanya dengan mengajukan  permohonan pinjam pakai”. Ujar Wakapolres Ngada.

Hasil psikotes sangat menentukan layak atau tidaknya anggota polisi menggunakan senjata api dan bertujuan untuk mencegah pelanggaran penggunaanya, dimana banyak terjadi anggota bunuh diri menggunakan senjata api.