Polres TTU Terima 35 Orang Siswa Latja Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022

Polres TTU Terima 35 Orang Siswa Latja Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022

Satuan Polres TTU menerima sebanyak 35 orang Siswa Latihan Kerja (Latja) Bintara Polri Gelombang II tahun anggaran 2022 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTT di Mako Polres TTU, Minggu (6/11/2022).

Kegiatan tersebut ditandai dengan upacara serah terima pada pukul 15.30 wita bertempat di lapangan Apel Mapolres TTU yang dipimpin langsung oleh KA SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardianto, S.ST, MK.

Hadir dalam kegiatan upacara, yakni Wakapolres TTU, Kompol Jeffris L. D. Fanggidae, Kabag Jarlat SPN Polda NTT, para PJU Polres TTU, para mentor Polres TTU dan para mentor SPN Polda NTT.

Dalam susunan acara kegiatan apel yang dilaksanakan hingga pukul 16.15 wita tersebut dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan siswa Latja. "Diharapkan agar para mentor dapat mengawasi dengan baik setiap kegiatan yang dilakukan siswa latja di Polres TTU ini," ungkap KA SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardianto, S.ST, MK saat memberikan sambutan. 

"Diharapkan Siswa untuk selalu mematuhi Perdupsis dan arahan dari para mentor, tidak meninggalkan barak tanpa ijin dari mentor atau pendamping agar terhindar dari hal-hal yang tdak di inginkan," ujarnya. 

Dikatakannya, kegiatan Latja akan dilaksanakan selama 30 terhitung 6 November hingga 7 Desember 2022. Untuk itu, diharapkan agar para mentor Polres dan SPN agar duduk bersama demi membuat jadwal serta target apa saja yang nantinya akan dilaksanakan siswa. "Yang paling akhir saya sampaikan atensi dari Bapak Wakapolda NTT agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun dalam masa latja di wilayah Polres TTU ini," tegasnya. 

KA SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardianto, S.ST, MK, menambahkan, ada pun latihan Latja yang dilakukan yakni  melatih para siswa SPN terkait 5 fungsi tugas kepolisian mulai dari fungsi Serse, fungsi Lalulintas, fungsi Sabhara, fungsi Linmas dan fungsi intelijen. "Akan ditambah juga sesuai dengan fungsi-fungsi yang ada di Polres TTU," jelasnya.

"Harapan kami kiranya 35 orang siswa yang kita Latjakan di Polres TTU untuk siap dipakai hingga pada saatnya mereka dilantik mereka sudah siap melaksanakan tugas. Oleh karena itu sebelum mereka dilantik mereka melaksanakan latihan teknis Kepolisian di lembaga pendidikan di SPN. Setelah itu kami evaluasi baru kemudian kita melaksanakan latihan kerja di Polres-Polres," ujarnya. 

Kombes Pol Nanang Putu Wardianto menyebutkan, untuk pulau timor ada 5 Polres menjadi sasaran latihan Siswa SPN, yakni Polres Kabupaten Kupang, Polres TTS, Polres TTU, Polres Belu dan Polres Malaka. Sementara di daratan Flores, yakni Polres Ende dan Polres Sika. "Mereka (Siswa) berangkat tadi (Minggu) dari pelabuhan jam 2 siang," singkatnya. 

Wakapolres TTU, Kompol Jeffris L. D. Fanggidae mewakili Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H menambahkan bahwa pihaknya telah menerima 35 orang siswa Latja Bintara Polri Gelombang II tahun anggaran 2022 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTT untuk melaksanakan latihan kerja di Polres TTU. "Pada prinsipnya Polres TTU telah mempersiapkan dan siap mensukseskan program kegiatan Latja di Polres TTU," tegasnya. 

Pukul 16.25 wita KA SPN POLDA NTT bersama para mentor siswa SPN  POLDA NTT dan semua rombongan siswa yang melaksanakan Latja di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka meninggalkan Mako Polres TTU menuju Kabupaten Belu dan Malaka.