Polri Terjukan Anggota Bantu Evakuasi Korban Bencana Alam di Kebupaten Alor

Polri Terjukan Anggota Bantu Evakuasi Korban Bencana Alam di Kebupaten Alor
Polri Terjukan Anggota Bantu Evakuasi Korban Bencana Alam di Kebupaten Alor

Tribratanewsntt.com - Dankorbrimob Polri Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko dan Kakor Polairud Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Verdianto I. Betticaca, M.Hum., bersama rombongan tiba di Kebupaten Alor, Sabtu (10/4/2021) kemarin.

Dengan menggunakan kapal Bharata - 8004 milik Korpolairud baharkam Polri. Kedatangan kedua Jenderal Bintang Dua ini guna membantu melaksanakan tugas perbantuan pelaksanaan pencarian dan evakuasi korban hilang akibat bencana alam yang berada di kecamatan Alor Timur Laut tepatnya Desa Lipang dengan melakukan penyisiran pantai sekitar Desa Taramana yang merupakan muara sungai dari Desa Lipang.

Kedua jenderal ini juga membawa anjing pelacak guna menyisir pinggiran sungai dan muara Irawuri. Pencarian juga dibantu 20 orang anggota Satbrimob Polda NTT.

Saat dikonfirmasi, Minggu (11/4/2021) Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Bhudiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, kedua jenderal itu membawa bantuan dari Kapolri berupa bahan makanan dan bantuan kebutuhan korban bencana sekitar  delapan ton untuk didistribusikan kepada masyarakat yang berada di wilayah Desa Taramana, sampai Desa Pido yang hingga kini masih terisolir.

Sampai saat ini akses jalan menuju lokasi desa tersebut masih terputus akibat longsoran tanah yang merusak akses jalan sampai ke Desa Pido. Selain itu bantuan tersebut juga langsung didistribusikan menggunakan kapal Barata menuju pelabuhan Maritaing, Kecamatan Alor Timur.

Dikatakannya, Kapal Barata yang tiba di pelabuhan disambut meriah oleh masyarakat. “Mereka bahagia melihat kapal Polairud membawa bantuan, karena akses jalan darat menuju Kecamatan Alor Timur ada beberapa titik mengalami longsor dan kerusakan parah,” katanya.

Warga mengaku yang dibawa kapal Barata merupakan bantuan pertama yang diterima. Mereka mengucapkan terima kasih kepada petinggi Polri yang datang langsung ke Kecamatan Alor Timur.

Selanjutnya bantuan untuk BKO Brimob langsung diangkut menggunakan Sped Pol Air Polres Alor menuju ke darat kemudian bantuan untuk korban bencana diserahkan secara simbolis dari pihak Mabes Polri ke pihak pemerintah Kecamatan Alor Timur Laut, pihak Desa Taramana dan pihak Desa Lipang.

"Bantuan tersebut kemudian dibawa ke Posko Bencana Alam di Kantor Desa Taramana sedangkan bantuan untuk BKO Brimob dibawa ke tempat penginapan di SD Negeri Taramana", tandasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabid Propam Korbrimob Polri Kombes pol Yustanto M, S.I.K., Kasubaggada Baglog Korbrimob Polri AKBP Mujianto, Kabag Kerma Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol Andi Anugrah, S.I.K., Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Andreas Heri Susi Darto, S.I.K., Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K., Camat ATL Tertius Lanmai, S.H., para perwira Polres Alor, Danposramil 1622 - 03 ATL, Tim penanggulangan bencana dari Korbrimob Polri, Tim Penanggulangan Bencana dari Korpolairud Baharkam Polri, BKO Brimob Polda NTT, Tim siaga Posko Bencana Alam Polres Alor dan Personil Babinsa ATL.

Setelah seluruh kegiatan selesai, tim dari Korbrimob Polri dan Korpolairud langsung berangkat menuju kapal Polairud Baharkam Polri selanjutnya bertolak menuju pelabuhan Kalabahi.