Polwan Polda NTT Ikuti Sarasehan Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita Republik Indonesia

Polwan Polda NTT Ikuti Sarasehan Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita Republik Indonesia

Kamis, 3 Oktober 2024, Polwan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) berpartisipasi dalam kegiatan sarasehan secara virtual dalam rangka peringatan hari jadi ke-76 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia. Kegiatan ini diadakan oleh Polwan RI dan diikuti oleh seluruh jajaran Polwan di Indonesia.

Di Mapolda NTT, kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Plt. Karosdm Polda NTT, Dirbinmas Polda NTT, Karumkit Polda NTT, dan Pakor Polwan Polda NTT. Peserta sarasehan merupakan perwakilan Polwan dari Satuan Kerja Polda NTT, sementara Polwan dari Polres jajaran mengikuti acara secara virtual dari daerah masing-masing.

Tema dari kegiatan ini adalah "Penguatan Peran Polwan Presisi pada Direktorat Pelindungan Perempuan dan Anak serta Pemberantasan Perdagangan Orang guna Menanggulangi Kekerasan Berbasis Gender yang Inklusif Tahun 2024." Kegiatan dibuka oleh Irwasum Polri, Komisaris Jenderal Polisi Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., yang menyampaikan harapannya bagi Polwan dalam memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Dalam sambutannya, Irwasum mengucapkan selamat ulang tahun kepada Polisi Wanita Republik Indonesia dan berharap agar Polwan semakin profesional dalam menjalankan tugasnya. Ia juga mengingatkan pentingnya tugas Direktorat Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) serta Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang banyak diemban oleh Polwan.

“Direktorat PPA dan PPO bukan hanya sebagai pembina fungsi dan penyidik khusus, tetapi juga menjadi sektor liding untuk mendukung penyidik yang menangani kasus-kasus terkait kelompok rentan,” ungkapnya. Ia menyoroti bahwa banyak kasus berbasis gender, termasuk kekerasan seksual dan perdagangan orang, telah ditangani oleh Polri dalam satu setengah tahun terakhir.

Irwasum juga menekankan pentingnya peran Polwan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan, serta memberikan perlindungan kepada korban. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo sebelumnya juga mengapresiasi kontribusi Polwan dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks, menekankan pentingnya kepercayaan publik terhadap Polri.

Dengan tema “Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas,” diharapkan Polwan dapat terus meningkatkan kinerjanya untuk lebih dekat dengan masyarakat.