Prosesi Naifeto Lalean Dari Paroki St. Stella Maris Atapupu ke Stasi Silawan di kawal Dua Polsek Polres Belu

Prosesi Naifeto Lalean Dari Paroki St. Stella Maris Atapupu ke Stasi Silawan di kawal Dua Polsek Polres Belu

Tribratanewsntt.com - Ribuan Umat Katholik dari berbagai daerah di Kabupaten Belu, menyambut HUT Paroki Stella Maris Atapupu ke-134 dengan menggelar Prosesi Naifeto Lalean (Perarakan Patung Bunda Maria). Prosesi Naifeto Lalean yang kini menjadi tradisi rohani tahunan oleh umat Katolik di wilayah perbatasan RI-Timor Leste ini, dimulai pada hari selasa (25/7/17) .

Sebelum Prosesi Naifeto Lalean, ribuan umat Katolik yang memenuhi Paroki St. Stella Maris Atapupu, sekitar pukul 12.00 wita,melaksanakan Misa perarakan. Usai misa, ribuan umat menggelar perarakan dari Paroki Stella Maris Atapupu menuju Gereja St. Theodorus Silabao Silawan, dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat, yang dipimpin langsung oleh Romo Yoris P. Giri,Pr.

Pergeseran umat tersebut mendapat penjagaan dan pengawalan ketat anggota Polsek Kakuluk Mesak dan Polsek Tasifeto Timur dibawah pimpinan Kapolsek Kakuluk Mesak Iptu Ketut Setiasa, SH.

Kapolsek mengatakan kegiatan rohani ini berlangsung dengan aman dan lancar. Pengamanan ini sendiri digelar di Paroki Atapupu, ruas jalan yang dilintasi umat dan di Stasi Silawan.

“Secara umum aman terkendali. Dari pukul 11.00 wita Kita sudah standby di Paroki Atapupu, kemudian berlanjut ke perarakan dan selesainya sore hari usai Misa penyambutan Patung Bunda Maria di Silawan” kata Kapolsek Kakuluk Mesak.

Prosesi ini sendiri lanjut Kapolsek, akan digelar hingga 1 Agustus 2017 sebagai puncak perayaan Ekaristi HUT Paroki Stella Maris Atapupu.