Puluhan Tahun Meninggalkan NTT, AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K Kembali dan Jadi Kapolres

Puluhan Tahun Meninggalkan NTT, AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K Kembali dan Jadi Kapolres

Tribratanewsntt.com - AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K putra kelahiran Timor Leste ini resmi menjabat sebagai Kapolres Ngada Polda NTT, usai  Sertijab yang dipimpin oleh Kapolda NTT di Mapolda NTT, Sabtu (13/11/2021). 

Lulusan Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 2003 ini sebelum menjabat Kapolres Ngada, ia menjabat sebagai Kasubditgakum Ditlantas Polda Riau.

Informasi diperoleh, setelah menamatkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Kupang Timur, Oesao, Kabupaten Kupang, lalu mendaftar Bintara Polri di Polda NTT dan mengikuti pendidikan Bintara di Polda Papua tahun 1996. Setelah mengikut pendidikan ditugaskan di Polda Papua hinnga berpangkat Briptu.

Tahun 2000 AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K berkesempatan mendaftar AKPOL dan dinyatakan lulus. Selama tiga tahun mengikuti pendidikan, ia pun menyelesaikan pendidikan AKPOL dengan pangkat Ipda. Pada tahun 2003.

Selanjutnya selama tujuh tahun lebih, ditugaskan di Polda Kalimantan Barat hingga mendapat kesempatan mengikut pendidikan PTIK. Kemudian tahun 2010 stelah menyelesaikan pendidikan PTIK ia pun ditempatkan di Polda Jambi.

Di Polda Jambi, Putra Timor Leste yang menghabiskan masa kecilnya di Kupang, NTT ini sempat menduduki beberapa jabatan di Polda Jambi dimulai dari Kapolsek, Kasat hingga tugas operasional lainnya di bidang Kepolisian. Kemudian mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan Sespim. Mengakhiri pendidikan Sespim tahun 2020, lalu ditugaskan ke Polda Riau kurang lebih satu tahun.

"Akhirnya diberi kesempatan berdasarkan Telegram Kapolri tanggal 31 Oktober 2021 lalu, saya diperacayakan sebagai Kapolres Ngada yang hari ini saya telah menerima tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolres Ngada Polda NTT", ungkap AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K  kepada Humas Polda NTT di Mapolda NTT usai upacara serah terima jabatan.

Demi suksesnya menjalankan tugas, Suami dari Ny. Imelda Manurung ini pun mohon doa dan dukungan serta kerjasama semua pihak selama ia menjabat Kapolres Ngada.

"Saya mohon kepada seluruh lapisan masyarakat terutama kepada pimpinan Polri yang telah mempercayakan saya sebagai Kapolres Ngada, saya mohon dukungan", ujar mantan Wakapolres Tanjung Jabubung Timur ini.

"Untuk bapak Kapolda NTT dan seluruh staf pejabat utama dan jajaran memohon dukungan untuk melaksanakan tugas, mohon bimbingan arahan sehingga dalam melaksanakan tugas nantinya kami dapat menjalankannya dengan baik dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan menjalankan seluruh program-program Kapolri yang saat ini sedang dilaksanakan", tambahnya.

Harapan khusus setelah kembali bertugas di daerah sendiri yakni di NTT, Bapak dari tiga orang putri ini mengajak masyarakat untuk bersama membangun NTT khususnya Kabupaten Ngada.

"Harapan saya walaupun ini pertama kalinya saya kembali bertugas ke daerah asal tentunya untuk membangun NTT, oleh karena itu setelah saya mendapat kepercayaan dari pimpinan Polri, saya minta kepada masyarakat NTT khususnya masyarakat Kabupaten Ngada untuk dukung sepenuhnya karena kami ada, Polri khususnya karena kepercayaan masyarakat.

"Untuk melaksanakan tugas ini kami memohon dukungan dari lapisan masyarakat khususnya Masyarakat Kabupaten Ngada mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh pemuda sehingga apa yang kita harapkan bersama yaitu terciptanya situasi yang kondusif tentunya agar masyarakat dapat melaksanakan aktifitasnya dengan baik dengan kehadiran Polri", lanjutnya.

Tak lupa AKBP Abilio Dos Santos mengimbau kepada seluruh masyarakat di NTT untuk tetap menerapkan Prokes sehingga secepatnya bisa bebas dari covid-19.

"Situasi saat ini pun masih covid-19, mari kita sama-sama menerapkan prokes, sehingga betul-betul covid-19 bisa hilang sehingga kita bisa kembali hidup dengan situasi normal seperti yang kita harapkan bersama", pungkasnya.