Putuskan Penyebaran Covid-19, Ditsamapta Polda NTT Terus Imbau Prokes dan Bagikan Masker

Putuskan Penyebaran Covid-19, Ditsamapta Polda NTT Terus Imbau Prokes dan Bagikan Masker

Tribratanewsntt.com - Ditsamapta Polda NTT terus bergerak memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan patroli Penangganan Covid -19 di sejumlah titik keramaian di Kota Kupang, Senin (12/7/2021) pagi hingga malam hari.

Selain melakukan patroli imbauan prokes, personil juga membagikan masker kepada warga yang tidak memakai masker. Adapun personil yang diturunkan dalam patroli kali yakni sebanyak 40 personil yang terdiri  dari Peleton Raimas, Unit Patroli Reaksi Cepat (PRC), Unit Turjawali Ditsamapta dan Peleton KRYD.

Dengan sasaran kegiatan patroli tersebut yakni tempat berkumpulnya masyarakat baik itu Terminal, Mall, restaurant, warung makan, Cafe, taman/alun - alun, pedagang kaki lima, pertokoan, Pinggir pantai, Jalan protokol, Batas kota, tempat hiburan, Bandar udara, Pelabuhan, pasar pelelangan ikan, Pasar tradisional dan Pasar modern serta tempat Wisata. Dengan menggunakan Kendaraan dan sarana Yang digunakan berupa 1 unit R4 sedan Mazda, 1 unit R4 Lancer, 1 unit R4 Raisa, 1 unit R4 UPRC, 8 Unit R2 Patroli dan 11 Unit R2 Raimas.

Pada pukul 09.25 Wita, Tim Patroli Ditsamapta Polda NTT menyambangi Toko Glory Oepura dan memberikan himbauan agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19 dengan menyediakan tempat untuk cuci tangan bagi siapa sja yg berbelanja dan pembeli serta pegawai yang berada di dalam toko wajib memakai Masker. Selanjutnya sekitar Pukul 10.35 Wita Tim Patroli menyambangi Kos Maia Home, Kayu Putih yang sering disalahgunakan oleh pasangan muda-mudi di kota Kupang.

Kemudian pada pukul 10.50 wita Tim Patroli menyambangi Lippo Plaza Kupang dan memberikan himbauan kepada Security agar setiap masyarakat yang dtng harus tetap mentaati prokes covid 19 (5 M) sebelum memasuki Mall. Pada pukul 11.15 Wita tim patroli menyambangi Pasar Oebobo untuk memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar pasar agar tetap mentaati prokes covid 19 dan memperhatikan 5M.

Selanjutnya pada pukul 11.25 wita tim Patroli berhenti di depan Toko Mangga Dua Fashion untuk memberikan himbauan kepada pemilik Toko agar lebih disiplin dan mentaati Protokol kesehatan covid 19 dalam beraktivitas. Pukul 16.00 wita tim patroli berpatroli di seputaran fontein n selam sambil memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar agar tetap memperhatikan prokes covid 19 dalam beraktifitas.

Pada Pukul 16.37 Wita,  tim patroli menyambangi masyarakat yang berada di Ketapang 1 dan memberikan tindakan disiplin dengan cara push up kepada masyarakat yang melanggar Prokes covid 19. Pukul 17.10 tim patroli menyambangi pasar Oeba, dan menghimbau baik kepada pedagang dan juga pembeli agar tetap mentaati prokes covid 19 dalam beraktifitas.

Selanjutnya pukul 17.40 wita, tim patroli membagikan masker  kepada masyarakat yg melintas dengn kendaraan tetapi tidak menggunakan masker. Pukul 18.25 wita, Anggota Tim Patroli Ditsamapta Polda NTT berhenti di Jl. Cak Doko, Oebobo untuk menghimbau kepada pemilik toko, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyediakan tempat untuk mencuci tangan di luar toko atau minimarket.

Kemudian Pukul 18.35 Wita Tim Patroli berhenti di Jl. Jend. Sudirman, Kuanino, Kec. Kota Raja untuk memberikan himbauan Covid-19 kepada pegawai Toko Borneo agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan memperhatikan 5M. Pukul 18.50 Wita tim Patroli berhenti di Jl. Sudirman, Kuanino untuk menghimbau kepada para pedagang kaki lima agar menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Pukul 19.45 Wita tim patroli berhenti di Lokalisasi KD, Jl. Yos Sudarso, Alak untuk melaksanakan patroli dialogis guna menghimbau kepada masyarakat di seputaran Lokalisasi mengenai penyebaran covid 19 dan selalu mentaati prokes covid 19. Pukul 20.15 wita tim Patroli berhenti di Jl. Yos Sudarso, Alak untuk memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar agar disiplin dan tetap mentaati Protokol kesehatan covid 19.

Pukul 20.40 wita Tim Patroli berhenti di depan Kantor OJK, jl. Tompelo, Fontein, Kec. Kota Raja untuk menghimbau masyarakat sekitar mengenai bahaya Covid-19 dan tetap patuhi protokol kesehatan dalam beraktifitas. Dan Pukul 20.55 wita Tim Patroli berhenti di depan Polda NTT, Jl. Naikoten I, Kec. Kota Raja untuk memberikan himbauan kepada para pengendara sepeda motor untuk tetap menggunakan masker dan pakai helm saat berkendara.

Hal ini dibenarkan oleh Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B., S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi di Mapolda NTT, Selasa (13/7/2021) pagi.

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., melalui Kabidhumas menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan kegiatan ini guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah NTT.

"Kegiatan patroli ini akan terus dilakukan guna memperkuat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Wilayah Hukum Polda NTT guna menekan angka kenaikan Covid19 saat ini", tandas Kabidhumas Polda NTT.