Respon Cepat Satuan Samapta Polres Sumba Timur Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan

Respon Cepat Satuan Samapta Polres Sumba Timur Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan

Tribratanewsntt.com - Satuan Samapta Polres Sumba Timur di bawah kepemimpinan Kasat Samapta AKP Heribertus Sidi, S.AP, menunjukkan respon cepat yang luar biasa dalam mengatasi kebakaran lahan yang terjadi di padang Desa Hamba Praing, Kecamatan Kanatang, Sumba Timur.

Kejadian ini berhasil dipadamkan oleh tim dalam waktu yang singkat, mencegah kerusakan yang lebih luas.

Kebakaran lahan ini terjadi pada Kamis, 10 Agustus 2023 malam, sekitar 21 kilometer dari pusat kota Waingapu.

Menghadapi situasi darurat ini, Satuan Samapta Polres Sumba Timur dengan cepat mengambil tindakan untuk mengatasi dampak kebakaran yang membahayakan lingkungan dan masyarakat setempat.

Mobil Rantis Water Canon (AWC) dari Polres Sumba Timur langsung diturunkan untuk memberikan bantuan dalam upaya pemadaman.

Kasat Samapta AKP Heri menjelaskan bahwa informasi mengenai kebakaran diterima dari Supervisor PLMTG melalui telepon.

Dari informasi tersebut, diketahui bahwa kebakaran terjadi tidak jauh dari Lokasi Obyek Vital Proyek PLTMG Waingapu 10 MW yang berada di Hamba Praing.

Dalam waktu singkat setelah menerima informasi tersebut, AKP Heri bersama dengan anggota tim Satuan Samapta bergerak menuju lokasi kebakaran.

"Begitu kami mendapat informasi bahwa ada kebakaran lahan padang dekat Obyek Vital Proyek PLTMG Waingapu 10 MW Hambapraing, kami pun langsung turun ke tempat kejadian," ucap Kasat Samapta.

Meskipun menghadapi medan sulit dan situasi malam yang penuh tantangan, anggota Satuan Samapta berhasil memadamkan kobaran api dalam waktu hanya 2 jam. Tindakan cepat dan koordinasi yang baik antara anggota tim memungkinkan situasi segera terkendali.

AKP Heri menyatakan Ini merupakan bentuk respon cepat dalam melayani dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Keberhasilan tim Satuan Samapta dalam mengatasi kebakaran ini menegaskan komitmen Kepolisian dalam menjaga keamanan wilayah serta kesiapan anggota dalam menghadapi situasi darurat demi melindungi masyarakat dan lingkungan", tandasnya.