Rikkes Tahap I Catar Akpol Panda NTT, Diawasi Ketat Pengawas Internal dan Eksternal

Rikkes Tahap I Catar Akpol Panda NTT, Diawasi Ketat Pengawas Internal dan Eksternal

Tribratanewsntt.com,- 98 orang calon taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panitia Daerah (Panda) Polda NTT menjalani pemeriksaan kesehatan tahap I.

98 orang ini terdiri dari 87 orang Catar pria dan 11 orang peserta wanita. Mereka mengikuti pemeriksaan kesehatan di gedung Hemodialisa rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang, Senin (1/5/2023).

Pemeriksaan kesehatan dipimpin Kabiddokkes Polda NTT, Kombes Pol dr. Sudaryono dan dipantau Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Satrya Yusada, S.I.K. dan Kabidpropam Polda NTT, Kombes Pol Dr. Drs. Dominicus Savio Yempormase, S.H., M.HUm.

Pemeriksaan kesehatan ini juga diawasi pengawas internal dari Itwasda dan Bid Propam Polda NTT.

Ada pula pengawas eksternal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang dan pengawas lainnya.

Pemeriksaan kesehatan tahap I meliputi pemeriksaan fisik yakni tinggi dan berat badan, THT, mata, gigi, tekanan darah dan pemeriksaan fisik.

Masing-masing peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan mengikuti pemerksaan secara bergiliran. Terdapat beberapa peserta yang sudah beberapa kali mengikuti tes tersebut dan masih antusias mengikuti tahapan seleksi tahun 2023 ini.

Hasil seleksi kesehatan tahap I langsung diumumkan usai panitia merekap hasil pemeriksaan. Panitia daerah juga menerapkan sistem Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis serta clean and clear.

Hasil seleksi pun dilakukan dengan pola one day service yakni seluruh hasil seleksi langsung diumumkan dan peserta bisa mengakses hasil seleksi.

Kabagdalpers Biro SDM Polda NTT, AKBP Sajimin, S.I.K.,M.H. mengakui kalau peserta yang memenuhi syarat kesehatan akan mengikuti ujian psikologi pada tahapan selanjutnya.