Sambangi Warga Binaannya, Kapolsek Lamboya Imbau Warga Jaga Kebersihan Pantai dan Terus Memelihara Situasi Kamtibmas

Sambangi Warga Binaannya, Kapolsek Lamboya Imbau Warga Jaga Kebersihan Pantai dan Terus Memelihara Situasi Kamtibmas

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisan Sektor (Kapolsek) Lamboya Polres Sumba Barat Ipda Marthen Luther Petterson Riwu, S.H., bersama dua personel Polsek selalu rutin berpatroli serta menyambangi warga binaannya untuk memberikan pesan kamtibmas kepada warga untuk selalu memelihara situasi kamtibmas serta jagalah kebersihan.

Hal ini disampaikan Kapolsek Lamboya saat mengunjungi warga di Pantai Kerewee dan Kampung Deke, Desa Patiyala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (8/6/2019) kemarin.

Saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Minggu (9/6/2019) pagi, Kapolsek Lamboya mengatakan bahwa dalam kegiatan patroli sambang tersebut, ia memantau secara langsung tempat-tempat wisata, khususnya di wilayah pantai yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur panjang.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kapolsek berpesan kepada warga agar tetap menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan ataupun tidak merusak ekosistem pantai serta selalu menjaga Kamtibmas di lokasi wisata dan melarang warga maupun wisatawan agar tidak mengkonsumsi minuman (miras) karena dapat memicu permasalahan.

Ia juga mengimbau kepada warga, apabila ada permasalahan yang terjadi di desa agar tidak main hakim sendiri, melainkan segera melaporkan atau berkoordinasi ke pemerintah desa setempat maupun kepada aparat Polsek Lamboya agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti.

PicsArt_06-09-11.52.56

"Tentunya saya mengimbau kepada semua warga, baik wisatawan yang berkunjung ke pantai maupun masyarakat setempat agar dapat menjaga kelestarian dan keindahan pantai, dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak mengkonsumsi miras karena dapat memicu konflik nantinya dan apabila ada persoalan yang terjadi di masyarakat, segeralah berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa atau langsung dapat menghubungi kami (Polsek Lamboya) agar dapat dicari solusi yang terbaik dan tidak ada main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga masyarakat, " ujar Ipda Marthen Luther Petterson Riwu, S.H.

Kapolsek Lamboya juga berharap dengan intensnya kehadiran anggota Kepolisian (Polsek Lamboya) di tengah masyarakat dapat mengetahui secara langsung berbagai masalah serta menjalin keakraban dengan masyarakat lokal maupun pengunjung Pantai.

"Para pengunjung pantai dan masyarakat lokal sangat menyambut baik kehadiran kami (Polsek Lamboya). Dan masyarakat setuju untuk saling membantu serta bekerja sama dalam setiap pemecahan permasalahan yang terjadi, guna terciptanya rasa aman dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di wilayah hukum Polsek Lamboya", tutupnya. (G)