Sapaan Hase Hawaka Sambut Kedatangan Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT di Mapolres Malaka

Sapaan Hase Hawaka Sambut Kedatangan  Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT di Mapolres Malaka

Tribratanewsntt.com - Tiba di Markas Komando Kepolisian Resor (Mapolres) Malaka, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Henny Setyobudi diterima langsung oleh Kapolres Malaka AKBP Rudy Junus Jacob Ledo S.H., S.I.K., dengan pengalungan selendang kain tenun khas NTT dan penyerahan buket bunga kepada Ibu Kapolda NTT oleh Ibu Kapolres Malaka NTT Ny. Christina Rudy Ledo, Rabu (19/1/2022) siang.

Menginjak kaki pertama di Mapolres Malaka sekitar pukul 12.40 Wita, Kapolda NTT bersama ibu disambut dengan jajar kehormatan dilanjutkan dengan sapaan secara adat Hase Hawaka (Adat Malaka) oleh para Tua adat. Dilanjutkan dengan penyambutan tarian tradisonal Kabupaten Belu yakni Tari likurai dan sapaan perkenalan oleh pejabat utama Polres dan Para Kapolsek Polres Malaka didampingi ibu Bhayangkari.

Hase Hawaka adalah sebuah ritual sapaan adat yang dibawakan atau diucapkan oleh Penutur (dalam istilah Bahasa Tetun disebut Makoan) dalam sebuah acara penyambutan/penerimaan seorang tamu.

Dalam menjalankan tugas penyambutan ini, seorang Penutur biasanya didampingi oleh beberapa orang lain yang telah ditunjuk (biasanya adalah pemuka-pemuka masyarakat atau adat setempat) menyambut tamu atau undangan di sebuah gerbang (suatu tempat yang telah disepakati bersama) di mana di situ juga ada orang lain dengan tujuan yang sama yakni menyambut kedatangan orang atau tamu.

Usai menerima serangkaian penerimaan, Kapolda NTT dan rombongan di persilahkan ke tenda undangan untuk persiapan meresmikan Mapolres Malaka yang beralamat di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan peresmian Polres Malaka ini, sejumlah pejabat Utama Polda NTT yakni Karosdm Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. D. Junaedi Supri Hartono, Kabidpropam Polda NTT Kombes Pol. Dr. Dominicus Savio Yempormase dan Korspripim Polda NTT AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.H.

Sementara itu, turut hadir dalam acara peresmian Mako Polres Malaka ini, Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., Wakil Bupati Malaka beserta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Malaka.