Satgas Saber Pungli Provinsi NTT Gelar Sertijab Ketua UPP

Satgas Saber Pungli Provinsi NTT Gelar Sertijab Ketua UPP

Tribratanewsntt.com - Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Satgas Saber Pungli Provinsi NTT yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Zulkifli, S. STmK, S.H., M.M, kini digantikan oleh Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H.

Pergantian ini sesuai sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Keputusan Menkopolhukam Nomor 7 tahun 2021 tentang Satgas Saber Pungli, Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: 107/KEP/HK/2023 tanggal 27 Februari 2023 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Provinsi NTT dan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1395/VI/KEP./2023, tanggal 24 Juni 2023, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Serah terima jabatan dilakukan pada hari Kamis (13/7/2023) di Gedung Inspektorat Provinsi NTT, Kota Kupang. Acara dihadiri oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, AsistenAdministrasi Umum Sekda Provinsi NTT Samuel Halundaka dan sejumlah Pejabat Utama Polda NTT serta Tim Pokja Saber Pungli Provinsi NTT.

Usai prosesi sertijab, Kombes Pol Zulkifli, S. STmK, S.H., M.M, mengatakan pihaknya akan terus konsisten dalam mendukung pencegahan praktek pungutan liar di NTT. Pergantian tampuk kepemimpinan ini merupakan hal yang biasa, yang terpenting menurutnya adalah komitmen bersama dalam mencegah praktek pungutan liar yang kerap terjadi pada proses pelayanan publik di instansi pemerintah.

“Yang terpenting adalah komitmen dan tanggung jawab bersama dalam pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera,” ujar 

Ia pun menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya dan memohon maaf apabila ada kesalahan selama bertugas di NTT.

"Mari kita saling mendoakan, agar kita diberikan kekuatan, kesehatan dalam pengabdian kita kepada bangsa dan Negara sampai nanti dari akhir dari batas pengabdian kita”, tandas Kombes Pol Zulkifli, S. STmK, S.H., M.M.

Disisi lain, Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H memperkenalkan dirinya sebagai Ketua UPP yang baru. Ia berharap kehadirannya mendapatkan dukungan dari tim dalam memberantas Pungli di NTT.

“Salam perkenalan dari saya selaku ketua baru, mohon doa, dukungan, dan kerjasamanya. Sehingga apa yang kita harapkan dapat terlaksana,” kata Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H.

Seperti yang diketahui, Kapolri mengganti Irwasda Polda NTT. Pergantian tersebut tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri dimana jabatan Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S. STmK, S.H., M.M kini diganti oleh Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Auditor Itwil V Itwasum Polri.