Secara Simpatik dan Humanis Ditlantas Polda NTT Bagikan Masker Gratis Pada Ops Patuh Ranakah 2021 di Kota Kupang

Secara Simpatik dan Humanis Ditlantas Polda NTT Bagikan Masker Gratis Pada Ops Patuh Ranakah 2021 di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Ditlantas Polda NTT melaksanakan Operasi Patuh Ranakah 2021 yang lebih diarahkan pada pola preemtif dan tindakan humanis kepada masyarakat, dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat, serta menurunkan angka penyebaran Covid-19 di wilayah NTT khususnya Kota Kupang.

Pada Operasi Patuh Ranakah 2021 Ditlantas Polda NTT terus melakukan kegiatan simpatik kepada masyarakat. Adapun kegiatan meliputi pembagian masker gratis dan imbauan prokes kepada warga masyarakat di wilayah Kota Kupang.

Kali ini dilakukan Ops Patuh Ranakah di lokasi kawasan lampu merah bundaran Gubernur dan ke Jalan W. J. Lalamentik, Oebufu, Selasa (28/9/2021). Dalam kegiatan ini dipimpin Kanit 1 Subdit Gakkum AKP Agus didampingi Ipda Rocky Blegur membagikan masker gratis serta memberikan imbauan prokes dan keselamatan dalam berlalu lintas.

Adapun personel yang terlibat dalam kegiatan Operasi Patuh Ranakah ini berjumlah 15 orang personel gabungan yang terdiri dari 10 orang Ditlantas Polda NTT, Dua orang personel Intel, satu orang Provost dan dua orang dari POM AD. 

Kanit 1 Subdit Gakkum AKP Agus menyampaikan bahwa Ditlantas Polda NTT melaksanakan patroli serta edukasi sambil berbagi masker dan pengaturan lalulintas serta imbauan protokol kesehatan. “Kita terus mengimbau kepada warga masyarakat tentang protokol kesehatan. Diharapkan warga tidak bosan untuk selalu disiplin protokol kesehatan,” kata Kanit 1 Subdit Gakkum AKP Agus.

Sementara itu seorang pengendara sepeda motor Teni (32) menuturkan rasa terimakasihnya kepada petugas Ditlantas Polda NTT. “Kami sangat berterimaksih kepada Polda NTT khususnya Ditlantas yang mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin prokes dan justru ini lebih baik karena akan menimbulkan kesadaran dari diri masyarakat, baik dalam prokes dan tertip berlalu lintas”, ujar Teni.

Lebih lanjut Kanit 1 Subdit Gakkum menjelaskan bahwa disiplin protokol kesehatan juga penting untuk menekan angka kecelakaan di wilayah kota Kupang. “Selain disiplin prokes, melalui Ops Patuh Ranakah 2021 ini, kita ajak warga masyarakat untuk disiplin dalam berlalu lintas,” jelasnya.

Kegiatan operasi patuh ini dilaksakan secara simpatik dalam hal ini tidak adanya penindakan terhadap pelanggar dan hanya bersifat peneguran, selanjutnya dibagikan masker kesehatan kepada pengendara maupun pejalan kaki yang tidak menggunakan masker.

"Operasi patuh ini, merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19," tandasnya.