Siaga Bencana, Polda NTT Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan

Siaga Bencana, Polda NTT Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana khususnya di wilayah NTT, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan di Lapangan apel Mapolda NTT, Jumat (25/11/2022).

Apel yang dihadiri oleh para pejabat utama dan diikuti oleh seluruh anggota dan ASN Polda NTT ini dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Apel yang ditandai dengan pengecekan personel dan peralatan ini pun dilaksanakan serentak oleh Polres jajaran Polda NTT.

Kapolda NTT dalam arahannya menyampaikan bahwa, perubahan iklim (climate change) dan pemanasan global (global warming) yang melanda dunia saat ini membuat cuaca itu berubah secara ekstrim.Hujan di NTT khususnya biasanya dimulai pada akhir Desember atau awal Januari tetapi, sekarang dimulai diakhir Oktober dan di tempat-tempat tertentu telah terjadi banjir dan longsor dan gempa bumi.

"Bahwa bencana itu terjadi tanpa pernah bisa kita duga, sewaktu-waktu dan setiap saat. Polri selalu berada di garis depan di dalam membantu masyarakat", ujar Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum. 

Dikatakannya, Polri harus siap sedia. Siap personel, siap perlengkapan dan juga cara bertindak di lapangan.

"Sehingga apabila terjadi bencana dalam skala kecil maupun besar, kita siap, kita bersinergi, berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dengan seluru institusi, dengan masyarakat bahu-membahu bergotongroyong untuk mampu mengatasi membantu dan melayani masyarakat", kata Kapolda NTT.

"Apel kesiapsiagaan ini penting dilakukan agar kita awas, kita siap sedia dan kita mampu untuk memerikan reaksi cepat pelayanan terbaik kepada masyarakat", tambahnya.

Menurutnya, di NTT biasanya yang terjadi angin ya g menyebabkan pohon-pohon tumbang, longsor termasuk juga kecelakaan laut. 

"Ini semua harus kita waspadai oleh kita. Bukan saja kita yang ada di Kupang tetapi, oleh seluruh Polres jajaran Polda Nusa Tenggara Timur yang kita tandai dengan apel siaga bencana secara serentak", jelasnya.

Ia pun berharap kepada Biroops Polda NTT untuk betul-betul mampu menyiapkan personel, perlengkapan dan cara bertindak serta mampu mengkoordinir apabila terjadi hal-hal yang bersifat bencana alam.

Jenderal bintang dua ini juga berharap personel selalu siap sedia melaksanakan tugas kapan pun diperintahkan.

"Perlengkapan yang ada diuji coba, dirawat, disiapkan sehingga setiap saat bergerak semuanya dalam keadaan siap dipakai", tandas Kapolda NTT.