Sinergitas Tni-Polri Alor Beri Imbuan Porkes Kepada Masyarakat Dengan Patroli Bersepeda

Sinergitas Tni-Polri Alor Beri Imbuan Porkes Kepada Masyarakat Dengan Patroli Bersepeda

Tribtatanewsntt.com - Berbagai cara dan upaya yang dilakukan oleh TNI-Polri di Kebupaten Alor dalam rangka memberikan imbauan kepada masyarakat akan kesadaran tentang protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini yaitu salah satunya dengan patroli bersepeda, Sabtu (6/2/2021) pagi.

Kegiatan Sinergitas Sehat (SS) Gugus Covid 19 Kabupaten Alor dengan melaksanakan patroli sepeda bersama ini diikuti oleh Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, S.I.K., Dandim 1622 Alor Letkol Inf. Supyan Munawar, S.Ag, dan Camat Teluk Mutiara (Pusat Kota Kabupaten Alor).

Ikut juga dalam patroli ini yakni dari Dinkes Kabupaten Alor dan RSUD Kalabahi serta puluhan personel gabungan dari Polres Alor, Kodim 1622 Alor dan Satpol PP Kabupaten Alor.

Kegiatan diawali dengan apel Sinergitas Sehat (SS) di halaman rumah jabatan Dandim 1622 Alor dan dilanjutkan dengan patroli bersepeda menyambangi RT tangguh di wilayah Kampung Tangguh Kelurahan Kalabahi kota, berlanjut ke pasar Kadelang sebagai salah satu pusat pasar tradisional di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara.

Saat di Pasar Kadelang, Tim gugus tugas melakukan himbauan protokol kesehatan dan melakukan random sampling kepada pedagang dan pembeli yang secara sukarela untuk dilakukan rapid antigen gratis. Hal ini bertujuan untuk membuat Pasar Tangguh bebas dari Covid-19.

Kegiatan pengambilan rapid test antigen tersebut secara random sampling di tempat umum dan akan terus dilaksanakan secara berkala sebagai edukasi kepada masyarakat untuk tidak ragu dan takut untuk memeriksakan kesehatan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Alor.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Alor menyampaikan selain memberikan Imbuan protokol Kesehatan kepada masyarakat, Ia juga menjelaskan tentang 3T yakni Tracing, Testing dan Treatment.

"3T Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran agar tidak meluas sehingga bagi mereka yang terdeteksi reaktif akan langsung dilaksanakan perawatan (treatment) yang baik oleh tim gugus tugas Kabupaten Alor,” jelas AKBP Agustinus Christmas, S.I.K.

Selanjutnya, kegiatan pun berlanjut ke kantor Kelurahan Kalabahi Timur dalam rangka pembentukan kampung tangguh di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara, sehingga diharapkan seluruh desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara sebagai pusat aktivitas masyarakat kabupaten alor dapat terbentuk sistem sinergitas bersama sampai tingkat RT dalam membentuk kampung tangguh tersebut.

"Kegiatan pengambilan rapid test secara random sampling di tempat umum adalah salah satu upaya Gugus Covid 19 Kabupaten Alor dalam pelaksanaan 3T, jadi masyarakat khususnya yang berdagang maupun pembeli kebutuhan pokok di pasar kadelang tidak perlu takut, nantinya akan kita bangun sistem bersama sehingga pasar kadelang menjadi tangguh dan bebas covid", ungkapnya.

"Semakin cepat kita deteksi penyebaran virus ini maka akan semakin cepat kita melakukan tindakan-tindakan guna melakukan perawatan terhadap warga yang terkonfirmasi positif", tegasnya.

Saat yang sama, Dandim 1622 Alor mengukapkan bahwa kegiatan patroli bersepeda ini adalah untuk melihat langsung sejauh mana masyarakat Kabupaten Alor khususnya Kecamatan Teluk Mutiara dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Saat kami melaksanakan patroli bersepeda kami masih menemukan beberapa yang tidak menggunakan masker, kami dekati, berikan masker dan kami berikan himbauan agar selalu mengenakan masker," ungkap Dandim 1622 Alor.

Selain dapat melihat langsung dari dekat kondisi masyarakat, aparat penegak hukum juga dapat menjaga kebugaran tubuh agar tetap prima dengan berolahraga bersepeda sambil melakukan patroli.

Untuk diketahui bahwa Kampung tangguh PATOLA mengambil moto,"Kalo Bukan Kita Siapa Lagi, Kalo Bukan Sekarang Kapan Lagi".