Sukseskan ASEAN Summit, Jajaran Lantas Polda NTT Survei Jalur Lalu Lintas di Labuan Bajo

Sukseskan ASEAN Summit, Jajaran Lantas Polda NTT Survei Jalur Lalu Lintas di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Rencana kunjungan para Pemimpin Negara anggota ASEAN di kawasan Destinasi Pariwisata Super Premium Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT dalam rangka kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit Ke-42 Tahun 2023, pada bulan Mei mendatang menjadi perhatian utama bagi jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda NTT.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju lokasi atau venue ASEAN Summit, pada Selasa (28/03/2023) Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes Pol. Rahmat Hakim, S.I.K., M.H. beserta seluruh Kasat Lantas jajaran Polda NTT melakukan pengecekan dan survei jalur yang akan dilintasi oleh para Kepala Negara beserta rombongan mulai dari Bandara menuju Hotel sampai dengan venue-venue KTT ASEAN Summit nantinya.

Sebagai tuan rumah, Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Lantas, IPTU Royke Weridity mengatakan, pagi ini jajaran Ditlantas Polda NTT dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda NTT melakukan pengecekan jalur yang akan di lalui oleh tamu negara, dalam kegiatan KTT ASEAN Summit Ke-42 di Wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

"Kita mengecek jalur dan kita juga menghitung waktu tempuh dengan berapa jam, menit dan ada berapa tikungan yang akan dilewati oleh para delegasi, kita mengecek hal itu," kata Kasat Lantas.

Selain itu, Lanjut IPTU Royke Weridity, jajaran Ditlantas Polda NTT juga mengecek beberapa jalan rusak yang ada, jika ditemukan lubang yang besar, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Barat.

"Selain waktu dan jalur, kita juga mengecek jalan berlubang yang ada di jalur yang akan dilewati oleh para tamu negara. Kalau ada lubang besar, kita akan meminta kepada Dinas PUPR untuk segera memperbaiki," ucap perwira dengan balok dua dipundaknya itu.

Pengecekan ini akan terus dilakukan saat tamu negara kembali meninggalkan Lokasi. Pengecekan ini, sama dengan menghitung waktu saat kedatangan para Kepela Negara.

IPTU Royke Weridity juga menambahkan, jalur yang akan dilalui oleh pemimpin-pemimpin negara nantinya akan melewati beberapa jalur dan akan dijaga ekstra ketat oleh personil gabungan TNI-Polri pada tiap lokasi keramaian.

"Di Jalur titik keramaian ini, memang kita lakukan penjagaan extra ketat. Nantinya, personil gabungan TNI-Polri banyak kita tempatkan di jalur titik keramaian maupun di persimpangan," ujarnya.

"Kita sama-sama berharap agar selama kunjungan para Kepala Negara pada KTT ASEAN Summit nantinya berjalan dengan aman dan lancar," tutup Kasatlantas Polres Manggarai Barat.