Sukseskan KTT ASEAN SUMMIT di Labuan Bajo, Kapolda NTT bersama Pemprov Hadiri Kegiatan Studi Banding Pengamanan Giat Internasional di Polda Bali

Sukseskan KTT ASEAN SUMMIT di Labuan Bajo, Kapolda NTT bersama Pemprov Hadiri Kegiatan Studi Banding Pengamanan Giat Internasional di Polda Bali

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., menghadiri kegiatan studi banding pengamanan kegiatan internasional di Polda Bali terkait rencana pelaksanaan KTT ASEAN SUMMIT di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (19/1/2023).

Ikut mendampingi Para pejabat Utama Polda NTT terdiri Karoops Polda NTT Kombes Pol. Widoni Fedri, S.I.K., S.H., Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol. Jan W. Makatita, S.I.K., Dirlantas Polda NTT Kombes Pol. Rahmat Hakim, S.I.K., M.H., Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja, S.I.K., M.Si., Dirpamobvit Polda NTT Kombes Pol. Indra Rathana, S.I.K., Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol. Ferry Raimknd Ukoli, S.I.K., dan Kapolres Mabar AKBP Felly Harmanto, S.I.K, M.Si.

Kegiatan yang digelar di Gedung PRG (Perkasa Raga Garwita) Polda Bali Jalan. W.R. Supratman No.07 Kelurahan Sumerta Kauh, Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar ini juga dihadiri oleh unsur pemerintah NTT yakni Wagub NTT Drs. Jose Nae Soi, M.M., Kadis Perhubungan NTT Isyak Nuka., Kadis Pariwisata Prov.NTT Dr. Zet Sony Libing, M.Si., Kadis PUPR Provinsi NTT Maksi Y. E. Nenabu., Kabid Bina Marga PUPR Provinsi NTT Adi Samule Mboeik., Kadis Pariwisata Kabupaten Mabar Pius Baut, S.E., Kadis Kominfo Kabupaten Mabar Paulus Setahu, S.Sos., Sekretaris PUPR Kabupaten Mabar Rikard Pangadila., Kabid Perhubungan Kabupaten Mabar Rola Jalesi dan Direktur Perusahaan Umum Daerah Bidadari Kabupaten Mabar (Bidang Pariwisata & UMKM) Sutanto Wery, S.T., M.Tech.

Hadir juga sebagai Pemateri Kapolda Bali IJP Drs. Putu Jayan Danu Putra SH, M.Si., yang membawakan Materi tentang Pola Operasi Pengamanan Event Nasional dan Internasional di Polda Bali.

Kepala Dinas PUPR diwakili A.A Made Suniari (Kepala Seksi Perencanaan dan Pengendalian Bidang Cipta Karya) membawakan Materi kesiapan PUPR Presidensi G-20 Indonesia di Bali. Dan Kepala Dinas Perhubungan diwakili Drs. I Nyoman Sunarya, M.Si., (Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan) bawakan Materi Dukungan Dinas Perhubungan Provinsi Bali Pada KTT G-20.

Kepala Dinas Pariwisata diwakili Ida Ayu Indah Yustikarini, S.S., M.Hum., (Kabid Pemasaran Pariwisata) bawakan Materi penyelenggaraan KTT G-20 di Bali serta Kepala Dinas Kominfo diwakili I Made Dwi Prayana, S.E., M.A. (Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda sebagai Sub Koordinator Unit Substansi Publikasi) membawakan Materi Persiapan Presidensi Indonesia Dalam G-20.

Maksud dan tujuan kegiatan Studi Banding tersebut untuk dijadikan sebagai Pedoman bagi Polda NTT bersama Pemprov. NTT dan Pemkab Mabar dalam bersinergi menyelenggarakan rencana kegiatan Internasional KTT ASEAN SUMMIT 2023 yang rencananya akan di selenggarakan di Labuan Bajo Kabupaten Mabar pada bulan Mei 2023 mendatang.

Pemilihan tempat Studi Banding di Polda Bali, dikarenakan Polda Bali bersama Pemprov dan Pemkab telah berhasil menyelenggarakan Kegiatan Internasional KTT G-20, sehingga dapat dijadikan sebagai Role Model bagi Polda NTT yang Bersinergi bersama Pemprov.NTT dan Pemkab Mabar dalam Penyelenggaraan dan Pengamanan event Nasional dan Internasional di Wilkum Polda NTT terutama KTT ASEAN SUMMIT 2023.

Dalam sambutan Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda Bali yang telah menerima dan mengadakan study banding di Polda Bali.

"Perlu ditiru apa yang sudah dilakukan Polda Bali dalam menyiapkan dan mengamankan G-20 yang pastinya perlu kerja sama yang baik dari Pemprov dan Pemkab dalam bekerja sama mensukseskan kegiatan tersebut. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik dan bergengsi dimana Labuan Bajo menjadi pilihan Presiden RI sebagai tempat pelaksanaan KTT Asean Submit. ini akan menjadi promosi dan jika terlaksana dengan baik akan di ingat", Turur Kapolda NTT.

Sementara itu, dalam sambutan Wakil Gubernur NTT juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Bali khususnya Polda Bali yang telah banyak memberikan Ilmu khususnya mensukseskan kegiatan Internasional.

"Kami ucapkan terimakasih atas ilmu yang telah diberikan kepada Kami yang nantinya akan di terapkan di Provinsi NTT guna menyueskan pelaksanaan kegiatan KTT Asean 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat", ungkap Wagub NTT.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat dari Kapolda Bali ke pada Kapolda NTT dan Wakil Gubernur NTT. Serta penyerahan Plakat dari Kapolda NTT Kepada Kapolda Bali. Dilanjutkan dengan Tim Studi Banding melakakuan peninjauan ke Command Center ITDC Nusa Dua, Venue Utama KTT G-20 dan Venue Gala Dinner.