Sumbangkan 1.055 Kantong Darah, Polda NTT Terima Penghargaan Dari PMI

Sumbangkan 1.055 Kantong Darah, Polda NTT Terima Penghargaan Dari PMI

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) mendapat penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) NTT, atas dukungan dalam kegiatan donor darah demi kepentingan kemanusiaan di seluruh unit donor darah PMI se-Provinsi NTT, Jumat (24/6/2022) siang.

Penghargaan yang diberikan Plt. Kepala UDD PMI Provinsi NTT dr. Hermi Indita Malewa, Sp., PK., (K), ini diterima langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., yang turut menyumbangkan satu kantong darah di lobi Mapolda NTT, pada hari Selasa (7/6) lalu.

Sebanyak 1.055 kantong darah berhasil dikumpulkan dan disumbangkan. Aksi kemanusiaan itu sendiri dilaksanakan Polda NTT dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Polda NTT dan PMI NTT.

Penyerahan piagam penghargaan yang berlangsung di ruang kerja Kapolda NTT ini juga dihadiri oleh Kabiddokkes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono, M.M., sementara turut mendampingi Plt. Kepala UDD PMI Provinsi NTT yakni Kepala Bagian Pemastian Mutu UDD PMI Provinsi NTT dr. Samson E Teron , Sp.PK., dan Sekretaris UDD PMI Provinsi NTT Dion Tahun.

Dalam kesempatan itu, Plt. Kepala UDD PMI Provinsi NTT menyampaikan banyak terimakasih dan mengapresiasi Polda NTT yang telah banyak membantu dalam kegiatan Donor darah sehingga dapat memenuhi kekurangan stok darah yang ada di PMI Provinsi NTT, dan penyerahan Piagam Penghargaan hanyalah bagian kecil dari besarnya rasa terima kasih PMI Provinsi NTT kepada Polda NTT dan Jajarannya.

“Untuk kedepannya diharapkan agar terus melakukan program kemanusian seperti donor darah sehingga peran serta Polda NTT dalam kegiatan kemanusian di tengah masa pandemi Covid-19 semakin terasa di tengah masyarakat yang saat ini bukan hanya khawatir dengan Covid-19 tetapi juga Demam Berdarah, sehingga dengan kegiatan Donor Darah tersebut Polda NTT juga akan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang membutuhkan donor darah”, ujar dr. Hermi Indita Malewa, Sp. PK (K).

Sementara itu Kapolda juga mengungkapkan ucapan terimakasih kepada PMI Provinsi NTT atas pemberian penghargaan.

“Pemberian penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan bahwa apa yang dilakukan oleh Polda NTT bisa membantu PMI Provinsi NTT dan lebih terkhususnya masyarakat NTT yang membutuhkan donor darah", ucap Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Dikatakannya, bahwa kegiatan donor darah tersebut dalam rangka Hari Bhayangkara ke 76.

"Ini juga kami lakukan untuk menambah stok darah di PMI agar dapat membantu masyarakat kita yang memang sakit atau yang melakukan operasi dan yang sangat membutuhkan darah," katanya.

Selain aksi donor darah, Kapolda mengaku pihaknya juga akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan kemanusiaan lainnya dalam menyambut Hari Bhayangkara.

"Rangkaian kegiatan kita sudah siapkan, ada bakti sosial, bakti kesehatan, kemudian ada juga bakti religi. Kita melakukan katakanlah rehab-rehab, pembersihan tempat-tempat ibadah, baik gereja, masjid dan tempat-tempat ibadah saudara kita yang beragama Hindu. Ini kita laksanakan serentak," terangnya.

Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara Polri, khususnya Polda NTT dengan masyarakat.